Katasulsel.com, Sidrap — Kasus penipuan online atau yang dikenal dengan sebutan passobis kembali terungkap di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Polisi berhasil mengungkap transaksi keuangan para pelaku penipuan online yang mencapai angka fantastis, yaitu sebesar Rp 4,6 miliar.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Sulsel, Kombes Pol Helmi Kwarta Kusuma Rauf, mengungkapkan bahwa hasil transaksi keuangan oleh empat pelaku passobis ini diketahui melalui kerja sama antara Polda Sulsel dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Helmi mengatakan bahwa data dari PPATK sangat membantu dalam mengungkap jaringan penipuan ini. Selain itu, pihak Cyber Polda Sulsel juga bekerja sama dengan pihak perbankan, pegadaian, dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan penelusuran terhadap aset-aset para pelaku.

Hasil penelusuran tersebut menunjukkan bahwa para pelaku telah melakukan penipuan online sebesar Rp 4,6 miliar. Polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain satu unit rumah, empat mobil, satu motor, tiga ponsel, dan beberapa barang bukti lainnya.

Kronologi dan modus operandi dari kasus ini bermula saat Tim Siber Ditreskrimsus Polda Sulsel menerima laporan mengenai maraknya kasus penipuan online. Setelah melalui serangkaian penyelidikan, pada tanggal 4 September 2023, polisi berhasil menangkap empat orang pelaku yang merupakan dua pasangan suami-istri.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com