Katasulsel.com, Sidrap — Letkol Inf Andika Ari P, SE., M.I. Pol, Dandim 1420/Sidrap, tampaknya memiliki keyakinan yang kuat dalam mengatasi potensi kelangkaan pangan akibat El Nino, terutama di Kabupaten Sidrap.

Salah satu solusi cerdas yang diusung untuk mengatasi potensi kelangkaan pangan yang dihadapi pada musim kemarau tahun ini adalah melalui optimalisasi lahan rawa untuk pertanian.

“Saat ini, kami bersama pemerintah daerah dan Kodim 1420/Sidrap, sedang berupaya mengoptimalkan potensi lahan rawa yang tersebar di tujuh kecamatan di Sidrap. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah ini,” ujar Dandim Andika saat menjadi narasumber dalam acara Podcast Katasulsel.com pada Selasa, 26 Maret 2024.

Dandim Andika menyampaikan bahwa sebagai pimpinan Satgas optimasi lahan rawa di Kabupaten Sidrap, ia yakin program ini dapat sukses paling lambat pada bulan Juni 2024.

“Pada saat ini, sebagian lahan sudah ditanami dan yang lainnya akan segera mengikuti. Kami berharap penanaman akan selesai pada bulan April, sehingga kami optimis akan ada hasil panen pada bulan Mei atau Juni untuk tanaman yang ditanam pada bulan Januari-Februari,” ungkap Dandim Andika.

Menurutnya, program optimasi lahan di Sidrap ini sebagian besar berlokasi di sekitar perairan Danau Sidenreng, sementara sebagian kecil berada di daerah perbukitan.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com