banner 650x65

Watampone, katasulsel.com — Korem 141/Toddopuli menggelar acara serah terima jabatan (sertijab) Kasi Ops Kasrem 141/Tp, Kasi Ter Kasrem 141/Tp, serta beberapa Dandim, yakni Dandim 1411/Bulukumba, Dandim 1420/Sidrap, dan Dandim 1423/Soppeng, Senin, 8 Juli 2024.

Upacara ini berlangsung di Lapangan Tenis Korem 141/Tp, Jl. Jend Sudirman, Kelurahan Manurunge, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone, dipimpin langsung oleh Brigjen TNI Sugeng Hartono, S.E., M.M., Danrem 141/Tp.

banner 400x600

Dalam suasana penuh khidmat, acara dimulai pukul 08.30 WITA dengan laporan Paup kepada pimpinan acara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Peserta upacara memberikan penghormatan kepada pimpinan acara, dilanjutkan dengan laporan komandan acara dan persiapan serah terima jabatan.

Berikut adalah pejabat yang mengalami pergantian:

Kolonel Kav Agung Nur Cahyono, S.I.P., M.Tr. (Han) menyerahkan jabatannya sebagai Kasi Ops Kasrem 141/Tp kepada Kolonel Inf Sapto Irianto.

Kolonel Arh Muhammad Suaib, S.Pd., M.Tr. (Han), M.Si., sebagai Kasi Ter Kasrem 141/Tp, digantikan oleh Letkol Inf Rahmat.

Letkol Inf Kaharuddin Djamaluddin, S.H., menyerahkan tugasnya sebagai Dandim 1411/Blk kepada Letkol Inf Sarman, S. Hub. Int.

Letkol Inf Sigit Suhendro Hadi K, S.T., M.Tr. (Han) sebagai Dandim 1423/Spg, digantikan oleh Letkol Reinhad Haposan Manurung, S.Pd.

Letkol Inf Andika Hari Prihantoro, S.E., M.I.Pol., menyerahkan jabatan Dandim 1420/Sidrap kepada Letkol Inf Awaloeddin, S.I.P.

Acara yang berlangsung dengan tertib ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting di lingkungan Korem 141/Tp, di antaranya Kolonel Arm Tejo Widhuro, S.Sos., M.Si., Kasrem 141/Tp, dan para Dandim di jajaran Korem 141/Tp.

Hadir pula para perwira, bintara, tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Korem 141/Tp, dan para ibu pengurus Persit KCK Koorcab Rem 141 PD XIV/Hsn.

Dalam amanatnya, Danrem 141/Tp, Brigjen TNI Sugeng Hartono, S.E., M.M., menyampaikan bahwa serah terima jabatan merupakan bagian dari dinamika organisasi yang bertujuan untuk pembinaan personel guna meningkatkan kualitas kinerja.

Mutasi jabatan ini juga merupakan bentuk dari Tour of Duty dan Tour of Area yang penting untuk pengembangan kemampuan kepemimpinan, manajemen, dan profesionalisme prajurit TNI AD.

Selain itu, Brigjen Sugeng juga menekankan pentingnya netralitas TNI dalam menghadapi Pilkada 2024.

Ia menegaskan bahwa seluruh prajurit di jajaran Korem 141/Tp harus bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu kontestan, khususnya yang memiliki hubungan kekeluargaan atau kekerabatan dengan calon peserta Pilkada.

Setelah upacara serah terima jabatan, acara dilanjutkan dengan tradisi kesetiaan Korem 141/Tp, yaitu penciuman Duaja Korem 141/Tp dan menyanyikan Himne TNI Angkatan Darat.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang baru maupun yang telah purna tugas.

Pada pukul 09.30 WITA, di Aula Sudirman Korem 141/Tp, dilaksanakan acara lepas sambut yang diisi dengan pemutaran video profil pejabat lama dan baru, serta sambutan dari Danrem 141/Tp.

Acara ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata, doa, dan ramah tamah yang berlangsung hingga pukul 13.00 WITA.

Acara serah terima jabatan ini tidak hanya menandai pergantian kepemimpinan, tetapi juga memperkuat ikatan kekeluargaan dan kebersamaan di lingkungan Korem 141/Tp.

Kegiatan yang berlangsung dengan penuh makna ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat bagi kesinambungan pembinaan satuan di masa depan.(*)