banner 650x65

Sidrap Katasulsel.com – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sidrap mengadakan acara penyusunan model akses reforma agraria, di ruang rapat Kantor BPN Sidrap, Kamis, 1 Agustus 2024.

Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan keadilan dan akses masyarakat terhadap tanah, sekaligus mendukung program Penangananan Akses Reforma Agraria.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi, termasuk Dinas Pertanian, Peternakan, Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, PTSP, dan BRI.

Penyusunan model akses reforma agraria ini merupakan langkah strategis dalam menyederhanakan akses kepemilikan tanah serta pemanfaatan tanah untuk masyarakat.

Kepala BPN Sidrap, melalui Plt. Seksi Penataan dan Pemberdayaan Fuji Rahayu, menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memberikan solusi konkret bagi masyarakat yang menghadapi kendala dalam penguasaan dan pemanfaatan tanah.

“Melalui model akses ini, kami memastikan bahwa reforma agraria berjalan efektif dan tepat sasaran serta model yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan kendala dan kebutuhan masyarakat,” ujar Fuji.

Kelurahan Manisa telah ditetapkan sebagai lokasi Penanganan Akses Reforma Agraria.

Dalam kegiatan ini, berbagai tantangan dan solusi terkait penguasaan tanah dibahas, serta pengembangan strategi implementasi yang lebih inklusif dan transparan.

Inisiatif ini diharapkan dapat memperlancar reforma agraria di Sidrap, mengurangi konflik tanah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Fuji Rahayu menambahkan, reforma agraria yang efektif tidak hanya tentang redistribusi tanah, tetapi juga tentang memastikan bahwa masyarakat memiliki akses yang adil dan transparan untuk memanfaatkan tanah tersebut guna meningkatkan taraf hidup mereka.

Melalui penyusunan model ini, BPN Sidrap berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pertanahan yang ada, serta memastikan setiap langkah yang diambil selalu mengedepankan kepentingan masyarakat luas.(dso/edy)

banner 650x650