banner 650x65

Jakarta, Katasulsel.com – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE., MM., menghadiri acara SAKIP Award 2024 yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Rabu (2/10/2024). Dalam acara tersebut, Pemerintah Kabupaten Enrekang menerima penghargaan atas hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan kategori B (Baik). Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas.

Acara yang mengusung tema “Menguatkan Sinergi, Mewujudkan Akuntabilitas untuk Indonesia Maju” ini dihadiri oleh seluruh Gubernur, Bupati, dan Walikota dari berbagai daerah di Indonesia. Penghargaan SAKIP diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai telah mencapai kinerja akuntabilitas yang baik berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian PANRB.

Dalam sambutannya, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas berharap bahwa SAKIP Award 2024 dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam pelaksanaan akuntabilitas kinerja yang lebih progresif dan inovatif. “Dengan memaksimalkan peran pemerintah daerah melalui upaya refocusing program dan kegiatan berdasarkan analisis efektivitas biaya, program dan kegiatan dapat tepat sasaran dan menjawab isu-isu strategis daerah,” ujarnya.

banner 700x300 banner 700x300 banner 700x300

Azwar Anas juga menekankan pentingnya SAKIP Award sebagai ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman antar instansi pemerintah. “Kami berharap SAKIP Award 2024 dapat menjadi ruang bagi instansi pemerintah untuk bertukar informasi, strategi, dan solusi dalam pelaksanaan SAKIP yang lebih berdampak,” lanjutnya.

Evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No. 88/2021 tentang Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Evaluasi ini bertujuan untuk memetakan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran oleh instansi pemerintah, yang dibagi menjadi tujuh kategori: AA, A, BB, B, CC, C, dan D. Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin baik efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, yang berimbas pada pencapaian target pembangunan nasional dan penyelesaian isu strategis daerah, “paparnya.

Pj Bupati Dr. H. Baba menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Enrekang. “Penghargaan ini patut kita syukuri karena baru kali ini Kabupaten Enrekang mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat terkait akuntabilitas kinerja,” ujarnya dengan bangga.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah, stakeholder, dan pihak terkait atas kerja keras, kekompakan, dan kolaborasi yang kuat sehingga Kabupaten Enrekang berhasil meraih predikat Baik dalam penilaian SAKIP 2024. “Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras kita semua dalam meningkatkan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah,” pungkasnya. (*)

banner 650x400 banner 400x1000