banner 650x65

Sidrap, Katasulsel.com – Penjabat (Pj) Bupati Sidrap, H. Basra bersama istri, Hj. Hafni Basra menghadiri upacara peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia di Lapangan Makodim 1420 Sidrap, Sabtu (5/10/2024). 

Komandan Kodim 1420 Sidrap Letkol Awaloeddin menjadi inspektur upacara peringatan ini. Turut hadir, Ketua Sementara DPRD Sidrap, Takyudin Masse, Kapolres Sidrap, AKBP Dr. Fantry Taherong, dan Kajari Sidrap, Sutikno.

banner 400x600

Pj. Bupati Sidrap di kesempatan itu menyampaikan selamat HUT TNI ke-79, dan berharap TNI makin kuat dan maju.

Dikatakannya, TNI merupakan garis terdepan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pemerintah Kabupaten Sidrap akan terus bersinergi dengan TNI dalam pelaksanaan pembangunan serta menjaga keamanan wilayah,” ujar Basra.

Sementara Dandim 1420 Sidrap yang membacakan sambutan Panglima TNI mengutarakan tema peringatan yaitu “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

“Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara,” terang Awaloeddin.

Dijelaskan, makna yang terkandung dalam tema tersebut yakni prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

“Serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju,” tuturnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, prajurit TNI harus bekerja keras dan bekerja ikhlas dengan memaksimalkan kemampuan, memanfaatkan peluang, memberikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

“Dan bertanggung jawab terhadap tugas yang dilaksanakan dengan dilandasi semangat gotong-royong dan sinergitas bersama komponen bangsa lainnya,” pesan Awaloeddin.

Upacara ini juga dihadiri PJU Kodim 1420 Sidrap, PJU Polres Sidrap, pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Dandim 1420 Sidrap, pengurus Bhayangkari Polres Sidrap, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.