Sidrap – Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidrap (UMS), Sulawesi Selatan (Sulsel) membanggakan.

Bagaimana tidak, Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Bumi Nene Mallomo itu, mengalami lonjakan yang sangat tinggi.

Bayangkan, Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UMS yang dulunya hanya binaan, kini sukses berada di klasterisasi utama atau tertinggi tingkat Perguruan Tinggi (PT), baik PTS maupun PTN se Indonesia.

Itu artinya, UMS mampu melampaui tiga grid hingga sukses berada di puncak klasterisasi PT se Indonesia

Pencapaian itu, didasari Keputusan Direktur Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Kemendikbud Ristek Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tanggal 28 Februari 2022 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang berada di Klaster Utama.

Kepala Lembaga Penelitian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMS Rappang, Ahmad Mustanir membenarkan pencapaian yang diraih PT nya tersebut.

Ahmad Mustanir mengatakan, pencapaian tersebut tidak terlepas dari kerjasama seluruh civitas akademika UMS Rappang.

“Melonjaknya pemeringkatan klasterisasi ini adalah Kerjasama seluruh civitas akademika UMS Rappang, terkhusus Inovasi dan terobosan-terobosan yang dilakukan Rektor UMS Rappang Prof.Jamaluddin, S.Sos., M.Si semenjak beliau menjabat Rektor diawal berdirinya kampus ini,” ujarnya, Kamis, 9 Maret 2023

Ahmad Mustanir menerangkan, klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 yang diraih UMS Rappang tersebut, didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2021. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com