Katasulsel.com, –Salah satu tenaga kesehatan (nakes) asal Kabupaten Sidenreng Rappang sukses meraih penghargaan nakes teladan tingkat nasional tahun 2023. Ia adalah Risma Ernawati, S.ST.,MM. Kepala Instalasi Gizi RSUD Arifin Nu’mang (Arnum).

Kepastian hal ini diperoleh pada surat Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI tanggal 4 Agustus 2023, perihal pemanggilan nakes teladan di fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) tingkat nasional tahun 2023.

Dalam surat itu, tercantum 9 nakes asal Provinsi Sulawesi Selatan yang meraih penghargaan nasional. Salah satunya Risma Ernawati yang masuk jenis nakes tenaga gizi, kategori rumah sakit milik pemerintah daerah.

Kamis (10/8/2023), Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel melepas para nakes untuk mengikuti penganugerahan penghargaan bagi tenaga kesehatan teladan di fasyankes, SDM kesehatan teladan non pemerintah dan kader berprestasi tingkat nasional tahun 2023.

Penganugerahan dijadwalkan berlangsung di The Sultan Hotel dab Residence Jakarta, Jl. Gatot Subroto, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin s.d. Sabtu, 14 s.d. 19 Agustus 2023.

Perjuangan Risma mencapai keberhasilan itu tidaklah mudah. Ia bersaing dengan nakes-nakes terbaik lainnya dan melalui seleksi ketat dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

Dalam lomba ini Risma mengangkat inovasi “Mbah Sijaka” akronim dari Mengolah Limbah Sisa Makanan Menjadi Berkah. Ia memanfaatkan limbah makanan pasien menjadi pupuk organik cair melalui proses fermentasi.

Mengomentari keberhasilannya, Risma menyatakan rasa syukur dan mengaku sempat tidak menduga bisa masuk dan lolos menjadi tenaga kesehatan teladan nasional.

“Alhamdulillah, ini suatu keberkahan yang luar biasa. Sempat khawatir dan ragu untuk tes wawancara via zoom yang lolos 10 besar tingkat nasional,” bebernya.

Ia pun sangat senang dan terharu bisa mengharumkan nama RS Arifin Nu’mang, Kabupaten Sidrap, dan Provinsi Sulawesi Selatan. Namun ia memastikan, keberhasilan itu tidak dicapainya seorang diri.

“Ini bukan semata-mata saya seorang tetapi keberhasilan RS Arnum, Kabupaten Sidrap dan juga Provinsi Sulsel. Tanpa dukungan dan support saya tidak bisa di titik ini,” cetus Risma.

Karenanya ia menghaturkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sidrap, Dinas Kesehatan Dalduk KB, Dinas Lingkungan Hidup, Bappedalitbanda bersama layanan KLiK-IDE, Bagian Organisasi, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan, Dinas Kominfo, dan pihak-pihak lainnya.

“Tidak lupa banyak terima kasih buat teman-teman di RS Arnum, seluruh kepala instalasi dan kepala ruangan atas tari kipasnya, pejabat strukturalnya RS Arnum atas dukungan penuhnya terhadap, tim instalasi gizi yang selalu saya cintai,” tutur Risma.

“Terkhusus Bapak Direktur yang selalu kubanggakan, tanpa beliau saya tidak bisa mencapai semuanya. Membuatku selalu bangga berada di Sidrap berada di antara orang-orang pintar dan baik hati. Rencana Allah pasti lebih indah, perjuangan berbuah hasil yang manis,” imbuhnya mengakhiri.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com