Wabup Enrekang Asman Jadi Inspektur Upacara HUT OTODA Ke XXVII

Katasulsel.com,Enrekang – Wakil Bupati Enrekang bertindak selaku Inspektur Upacara pelaksanaan HUT OTODA (Otonomi Daerah) ke XXVII tahun 2023 dalam suasana penuh khidmat dan semangat ASN lingkup Pemkab Enrekang (Sulsel).

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Enrekang berseragam korpri mengikuti upacara di pagi hari jam 7.30 WITA Sabtu (29/4/2023) dihalaman kantor Bupati Enrekang.

Pada HUT OTODA ke 27 kali ini Wabup Enrekang Asmanembacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Esensi filosofis dari Otonomi Daerah menuju desentralisasi kewenangan agar daerah mencapai kemandirian fiskal.

Disampaikan Wabup Asman, tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal.

“dari otonomi daerah mendorong dengan menggali berbagai potensi sumber daya dapat meningkatkan pendapatan asli daerah serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan,”ujar Wabup Asman (29/4/23).

Dari salah satunya yaitu dengan menggali potensi sumber daya tersebut menjadi potensi produktif yang dapat memicu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Dijelaskan Asman, Otonomi daerah telah memasuki 27 tahun berlalu telah berdampak positif, dibuktikan adanya percepatan pembangunan.

Terjadi peningkatan angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya pendapatan asli daerah (PAD) dan kemampuan fiskal daerah.

Kata Wabup Asman dari sambutan Mendagri, setelah lahirnya UU Nomor 22 Tahun 1999 tentang pemerintahan daerah ditetapkan 7 Mei 1999 yang membenahi hubungan pusat dan daerah.

“Dari terbitnya undang undang tersebut daerah memiliki kewenangan dalam seluruh bidang Pemerintahan, kecuali politik luar negeri,pertahanan, dan keamanan, peradilan, moneter dan fiskal, agama serta kewenangan bidang lain,”paparnya.

Namun tambahnya, tak bisa dipungkiri data juga menunjukan bahwa filosofi dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil diharapkan.

Pada HUT OTODA ke 27 hadir ketua DPRD Muh.Idris Sadik, Kajari Enrekang Slamet Haryanto, Kapolres Enrekang AKBP. Dedi Surya Dharma, SH.SIK. MM, kepala OPD Kabag pemerintahan (Setda) Muh.Aris Yasin, MAP dan para Kabag lainnya.

Lebih jauh Kata Asman, berdasar data Ditjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut,terdapat beberapa daerah memiliki PAD kurang dari 20 persen dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

“olehnya itu pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada daerah-daerah otonom baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya,”kata Asman,SE

Lanjut Asman, adanya peningkatan ditujukan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka IPM, penurunan angka kemiskinan, peningkatan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik dan lain-lain.

Tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”.

Wabup Asman menjelaskan, peringatan Hari Otonomi Daerah adalah momen untuk terus menggali potensi sumber daya daerah guna mendorong percepatan dan pemerataan pembangunan, sebagai salah satu tujuan dari otonomi daerah yaitu kesejahteraan masyarakat.

“Ini adalah momentum bagi para ASN terus bekerja keras meningkatkan pelayanan pada masyarakat serta mengedepankan nilai dasar ASN berAkhlak. ASN lebih berperan aktif dan proaktif mengembangkan semua potensi yang ada agar kesejahteraan masyarakat meningkat”,ucapnya.

Kesempatan sama,dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional mengajak segenap masyarakat untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait pengendalian inflasi tahun 2023 (TPID), sukseskan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Program P3DN merupakan upaya pemerintah mendorong masyarakat lebih menggunakan produk dalam negeri dalam rangka pemulihan ekonomi Nasional.

“termasuk upaya penanganan stunting komprehensif, berkelanjutan, menjangkau seluruh wilayah dan tepat sasaran,”himbau Wabup Asman,SE.(mas)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com