Katasulsel.com – Sebanyak 357 personel gabungan dari Kodim 1420, Polres, Satpol PP, serta Linmas, siap mengamankan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Sidrap.

Pilkades serentak gelombang II Kabupaten Sidrap akan dilaksanakan Ahad (15/10/2023), di 17 desa yang tersebar pada 8 kecamatan.

Personel gabungan ini akan bertugas mengamankan total 71 tempat pemungutan suara (TPS).

Sebagai bentuk persiapan personel, dilaksanakan apel gelar pasukan di halaman Mapolres Sidrap, Sabtu (14/10/2023).

Apel dipimpin Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah, dihadiri Bupati Sidrap H. Dollah Mando, Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf. Andika Ari Prihantoro, dan Kepala Seksi Intelijen Kejari Sidrap, Adityo Ismutomo.

Kapolres mengatakan, apel gelar pasukan merupakan bentuk kesiapan semua unsur yang terlibat dalam pengamanan pilkades gelombang II Kab. Sidrap tahun 2023.

“Pengecekan personel pengamanan dilakukan guna memberikan jaminan rasa aman bagi seluruh warga masyarakat Kabupaten Sidrap,” tutur Erwin.

Ia mengingatkan para personel untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap berbagai macam gangguan yang mungkin akan muncul, baik sebelum maupun setelah pencoblosan.

“Mantapkan sinergitas dan solidaritas seluruh personil yang terlibat dan laksanakan tugas sesuai fungsi dan tugas masing-masing. Keselamatan masyarakat adalah nomor satu,” pesannya.

Sementara Bupati Sidrap mengatakan, pilkades yang digelar 6 tahun sekali merupakan salah satu pilar utama terselenggaranya pemerintahan desa yang demokratis.

“Harapan kita agenda ini dapat berjalan aman, lancar, dan sesuai aturan. Untuk itu peran personel pengamanan sangat penting dalam mengawal pilkades ini,” ujarnya Dollah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan, dan Perlindungan Anak, H. Abbas Aras, Kepala Satpol PP dan Damkar, Usman Demma, dan Plt. Kepala Badan Kesbangpol, Andi Baharuddin.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com