Katasulsel.com, Enrekang – Kegiatan Bimbingan Teknis dan launching Aplikasi Srikandi lingkup Pemda Enrekang disertakan admin Srikandi Dinas Kominfo-Statistik Enrekang, admin setiap OPD,pencatat surat per OPD,Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Enrekang dan Unit Kearsipan arsiparis setempat.

Bupati Enrekang Dr.H. Baba membuka resmi kegiatan Bimtek dan Launching dalam sambutannya menyampaikan, bahwa sistem informasi kearsipan dinamis secara terintegrasi berperan sangat penting mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kegiatan ini nantinya disegenap OPD akan terlaksana sebagai bagian dari penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik sudah dirancang dan jaringanya sudah difungsikan antar OPD, tinggal lebih ditingkatkan terkoneksinya ke seluruh OPD.
“dalam upaya meningkatkan kinerja, produktivitas, efektivitas, untuk mempermudah pekerjaan bermanfaat untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang baik dan profesional,”ujar Pj. Bupati Enrekang Dr. H Baba.
senin (4/12/2023).
Diterangkan pula, Aplikasi SRIKANDI memiliki beberapa fitur seperti fitur penciptaan arsip meliputi pembuatan, penandatangan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah.

Keberhasilan penerapan aplikasi Srikandi terletak pada peran, kolaborasi dan komitmen kuat seluruh stakeholder bersama OPD lingkup Pemda Enrekang dengan tenaga fungsional arsiparis yang ditempatkan di Kabupaten Enrekang.

“Aplikasi tersebut jika berjalan maksimal akan banyak membantu kebutuhan dalam kinerja kedepan, sehingga terbangun budaya tertib arsip,tranformasi digital dalam kearsipan dan penyelenggaraan SPBE dapat terwujud”,harap Dr. H. Baba.
Dalam Bimtek dan launching aplikasi Srikandi hadir Plt. kadis Putaka dan Arsip Amrullah,M.AP, nara sumber Dinas Perpustakaan Sulsel Andi Bachtiar,MA.

Dijelaskan Andi Bachtiar, pada aplikasi ini terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, peminjaman arsip, fitur penyusutan arsip seperti pemindahan dan pemusnahan arsip.
Admin OPD berperan mengelola unit kerja, jabatan dan informasi dalam OPD itu sendiri. pencatatan surat, penomoran surat otomatis, daftar penandatangan, daftar verifikator dan daftar tujuan, dan lain sebagainya.

“sebagai aplikasi umum sangat membantu bidang kearsipan dalam mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik,”tuturnya.

Acara dipendopo Rujab Bupati ditandai dengan penerapan contoh aplikasi menggunakan identifikasi telapak tangan Pj. Bupati Enrekang. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com