KATASULSEL.COM, SIDRAP — Kegiatan rutin yang bertajuk Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan (Jumpa Berlian) terus digalakkan di jalan poros Bila Compong Desa Bila Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang, Jumat (9/02/24) pagi ini dilaksanakan dengan gotong royong sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang melibatkan anggota Koramil 1420-05/Dua Pitue, kepala lingkungan dan aparatur desa.

“Jumpa Berlian kali ini difokuskan membersihkan bahu jalan yang penuh tanaman liar. Terlebih akses masuk jalan yang menjadi lokasi Jumpa Berlian dapat merusak pandangan dengan tanaman liar yang sudah mulai tinggi dan masuk merambat ke bahu jalan,” ujar Ws. Danramil 1420-05/Dua Pitue Letda Inf Murjalil disela-sela kegiatan Jumpa Berlian.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk edukasi kepada warga agar ikut berpartisipasi menjaga kebersihan dan peduli terhadap lingkungan sekitar, juga menumbuhkan semangat gotong-royong dan kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitarnya. Kondisi ruas kanan-kiri jalan yang ditumbuhi dengan rumput liar dan banyaknya sampah membuat pemandangan sekitar jalan menjadi kelihatan kurang terpelihara kebersihannya.

Lettu Inf Murjalil Ws. Danramil Dua Pitue mengatakan kegiatan karya bakti ini dilaksanakan karena kondisi parit dan bahu/ruas jalan ditumbuhi rumput serta semak yang menjalar ke bahu jalan serta lumpur yang menumpuk sehingga parit tersumbat, mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan.

Selain itu juga sebagai upaya agar masyarakat selalu peduli dan memupuk jalinan kerjasama yang baik dengan Babinsa guna semakin kuat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Kegiatan gotong-royong ini merupakan sarana kebersamaan antara Anggota Babinsa dan warga wilayah binaan demi membantu tercapainya kenyamanan desa serta kebersihan desa binaan,” Ujarnya.

Lebih lanjut Ws. Danramil mengungkapkan dengan melaksanakan karya bakti pembersihan parit, badan jalan dari rumput liar tersebut untuk tetap menjaga hubungan Babinsa dengan masyarakat, khususnya warga binaannya.

”Dalam kegiatan sudah menjadi tugas dan tanggung jawab bagi Babinsa untuk bisa memelihara hubungan yang baik bersama warganya. Salah satunya melalui karya bakti dan bergotong royong bersama masyarakat binaan, agar tercipta Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ungkapnya. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com