banner 600x50

Muna Barat, Katasulsel.com — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah secara resmi memberikan rekomendasi tahap 1 kepada bakal calon (balon) Bupati Muna Barat, La Ode Darwin, untuk bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Surat rekomendasi ini diserahkan langsung oleh Ketua Tim Desk Pilkada DPP PKB, Abdul Halim Iskandar, dan diterima oleh Ketua DPW PKB Sultra, Jaelani, pada Kamis, 30 Mei 2024.

Jaelani menjelaskan bahwa penyerahan rekomendasi tahap 1 ini merupakan bagian dari proses penjaringan calon kepala daerah yang dijalankan oleh DPP PKB. “Hari ini kami menyerahkan surat rekomendasi kepada La Ode Darwin untuk maju di Pilkada Muna Barat. Semoga rekomendasi ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh yang bersangkutan,” kata Jaelani dalam rilisnya.

Lebih lanjut, Jaelani menegaskan bahwa surat rekomendasi ini menjadi modal bagi La Ode Darwin untuk melakukan komunikasi politik dengan partai lain, mengingat PKB hanya memperoleh 3 kursi di DPRD hasil Pemilu 2024 di Muna Barat. “Kita masih butuh 1 kursi lagi dari partai koalisi untuk bisa mengusung satu pasangan calon. Saya yakin, pak La Ode Darwin bisa maksimal melakukan lobi politik dengan partai lain untuk maju di Pilkada Muna Barat,” ujarnya.

La Ode Darwin adalah satu-satunya bakal calon Bupati Muna Barat yang mendaftar di PKB. Dengan demikian, hampir dipastikan bahwa partai tersebut akan mendukungnya dalam Pilkada Muna Barat. “Kita tinggal tunggu saja tambahan dukungan dari partai lain untuk La Ode Darwin,” tambahnya.

Dalam konteks memberikan dukungan kepada calon kepala daerah, PKB mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk elektabilitas dan komitmen terhadap PKB dalam pembangunan daerah. “Selain elektabilitas, banyak juga pertimbangan lain. Termasuk komitmen dengan PKB soal urusan keumatan,” ungkap Caleg DPR RI terpilih dapil Sultra.

La Ode Darwin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh DPP PKB. “Saya mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh teman-teman di PKB. Sejak awal saya serius untuk menjajaki komunikasi dengan PKB,” ujarnya.

Selain PKB, Darwin juga membangun komunikasi politik yang baik dengan semua partai politik yang ada di Muna Barat. “Alhamdulillah, komunikasi politik kita baik. Hal ini sebagai bentuk keseriusan saya maju di Pilkada Muna Barat,” katanya.

Darwin menegaskan bahwa pandangannya sejalan dengan PKB dalam membangun daerah dari berbagai sektor, terutama memaksimalkan potensi sumber daya alam yang ada di Muna Barat. “Kita punya potensi sumber daya alam yang besar. Tanah kita subur sehingga memungkinkan untuk pengembangan pertanian. Laut kita juga baik untuk meningkatkan produksi perikanan kita. Begitu pula dengan peternakan,” tuturnya.(*)