Katasulsel.com, Sidrap – Danramil 1420-03/Maritengngae Lettu Cpl Junarman bersama jajaran Babinsa Koramil Maritenggae dan warga gotong royong bersihkan saluran irigasi di wilayah Walatedong Kelurahan Sidenreng Kecamatan Watang Sidenreng Kabupaten Sidrap, Kamis (15/06/23).

Saluran irigasi merupakan sumber utama pemasok air menuju kepersawahan warga, dengan aliran air yang lancar menuju kesawah diharapkan tanaman padi menjadi subur dan dapat menghasilkan panen yang memuaskan.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan sasaran pembersihan saluran irigasi sekunder sepanjang ± 800 meter yang menghubungkan saluran irigasi tersier yang mengaliri lahan persawahan ± 860 Ha. Pembersihan saluran irigasi tersebut untuk meperlancar aliran air sampai di persawahan yang akhir-akhir ini debit air berkurang sampai di persawahan.

Saat ditemui dilokasi gotong-royong, Danramil 03 Maritengngae Lettu Cpl Junarman mengatakan “Pembersihan saluran irigasi ini bertujuan untuk membantu warga binaan agar saluran irigasi menuju kesawah warga tidak tersumbat, sehingga pasokan air disawah tercukupi untuk tanaman padi”, ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan “Pembersihan saluran irigasi ini merupakan salah satu upaya khusus untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang program ketahanan pangan di Kabupaten Sidenreng Rappang, khususnya Kecamatan Watang Sidenreng”. ungkap Danramil.

“Mudah-mudahan air mengaliri areal sawah dengan milik petani dengan baik, sehingga sawah petani menjadi subur dan semoga mendapatkan hasil panen yang memuaskan”, harapnya.

Sementara itu Kepala UPT PSDA Wilayah 3 Empagae Sukri Damis, SE. Sangat senang dengan adanya Gotong-royong membersihkan saluran irigasi, karena dengan membersihkan saluran irigasi dapat melancarkan aliran air kesawahnya dan dapat meningkatkan hasil pertanian.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Babinsa yang sudah bersedia membantu kami dalam rangka membersihkan saluran irigasi ini, semoga kerjasama ini terus terjalin, sehingga TNI semakin dicintai Rakyat.” Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Danramil 1420-03/Maritengngae, Danpos Ramil 1420-03 Kecamatan Watang Sidenreng beserta beberapa anggota Babinsa, Ka UPT PSDA Wilayah 3 Empagae Sukri Damis. SE beserta anggota, Tokoh Masyarakat Kelurahan Kanyuara, Gabungan Kelompok Tani Kelurahan Kanyuara dan Kelurahan Sidenreng. (Pen/MAH).

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com