KATASULSEL.COM, PINRANG — BKPRMI Pinrang menggelar Pawai Taaruf dalam menyambut dan memperingati tahun baru Islam, tepat 1 Muharram 1445 H – 2023 M,

UPT SDN 14 Pinrang turut mengikuti kegiatan pawai Ta’aruf ini, pada hari Rabu, Tanggal 19 Juli 2023 sebagai salah satu upaya menyemarakkan syiar Islam di kabupaten Pinrang. Kegiatan ini, pesertanya dari kalangan TK-TPA, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, dan Ponpes, serta Ormas sekabupaten pinrang.

UPT SDN 14 Pinrang sebagai salah satu unit pelaksana pendidikan formal yang dibawahi oleh dinas Dikbud Kabupaten Pinrang, turut andil dalam kegiatan tersebut. Ditanyai disela-sela kegiatan, Fachrul, S.Pd., M.Pd Kepala UPT SDN 14 Pinrang mengungkapkan “kami mengambil bagian pada kegiatan ini, bertujuan memeriahkan kegiatan Pawai Ta’aruf yang diselenggaran Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Pinrang, dengan tema “Melalui momentun 1 Muharram Kita Tingkatkan Solidaritas dan Persaudaraan Menuju Keimanan Masyarakat yang Lebih Baik”
Dengan tema tersebut, UPT SDN 14 Pinrang sebagai unit pelaksana Pendidikan di Kabupaten Pinrang yang wilayah kerjanya tepat di Kecamatan Paleteang, ikut andil memeriahkan dengan mengusung arak-arakan Haji Cilik, miniatur Ka’bah, pakaian muslim dan muslimah, serta Patrol. Khusus arak-arakan miniatur Ka’bah dan Patrol, merupakan hasil kreasi siswa/siswa berkolaborasi antara guru serta orangtua siswa melalui pemanfataan limbah rumah tangga, ungkap Fachrul.

“rasa haru, senang dan bahagia saat memasuki tribun penghormatan di rumah jabatan Bupati, Bapak Bupati Pinrang Andi Irwan Hamid pun ikut melebur dengan arak-arakan siswa UPT SDN 14 Pinrang mengangkat tandu miniatur Ka’bah sebagai bentuk apresiasi kreativitas siswa kami”

Tambahan Fachrul, kreasi siswa tersebut sesuai substansi dari tema yang intinya solidaritas dan persadauraan mewujudkan kemandirian masyarakat yang lebih baik, karena masyarakat yang lebih baik itu terwujud dari suatu kolaborasi yang menumbuhkan benih-benih kreativitas agar masyarakat lebih mandiri/baik ungkapnya.
Sebagai penutup, harapan UPT SDN 14 Pinrang dalam menghadirkan produk (media) kreativitas kolaboirasi antarsiswa, guru dan orangtua siswa sebagai pemantik/roh model bahwa kita bisa menghadirkan produk dari pemanfaatan limbah rumah tangga tanpa mengesampingkan nilai estetika dan edukasi ungkapnya. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com