KATASULSEL.COM,ENREKANG – Bantuan cultivator bagi kelompok tani di Kabupaten Enrekang, membawa banyak manfaat.

Salah satu kelompok tani, Buntu Lando, yang dipimpin Herman, menjelaskan cultivator dapat mengefisiensi waktu dalam pengolahan lahan
dibandimg pakai cara manual.

Selain efisien waktu, penggunaan alat mesin pertanian ini juga menekan biaya tani, serta dapat meningkatkan produktivitas hasil tani.

Kultivator berfungsi mengaduk dan menghancurkan gumpalan tanah yang besar sehingga penetrasi akar lebih mudah, membunuh gulma sebelum maupun setelah penanaman, membuat bedengan, memperbaiki aerasi tanah, memacu kerja mikroorganisme, serta mengembangkan zat hara.

Mewakili para petani, Herman menyampaikan terima kasih atas perhatian Pemda Enrekang. Khususnya pada Bupati, Wabup Asman, dan Dinas TPHP.

“Teman-teman petani lebih semangat kerja dengan adanya kultivator ini,” ujarnya.

Hingga hari ini Sabtu (26/8), Pemda Enrekang telah menyerahkan 500 unit kultivator untuk kelompok tani di 10 kecamatan. Serta menyalurkan bantuan pupuk cair di Kecamatan Curio, menyusul kelompok tani di kecamatan lainnya.

Bupati Muslimin Bando menegaskan, sejak awal periodenya perhatian terhadap sektor pertanian jadi prioritas. Kini, MB menargetkan Enrekang bisa menjadi penyuplai utama kebutuhan pangan di IKN.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com