Sidrap, 17 September 2023 – Dalam upaya menjaga ketahanan pangan dan mengatasi dampak musim kemarau yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol telah memberikan perintah kepada para Babinsa (Bintara Pembina Desa) di bawah komandonya.

Upaya Tanggap Darurat untuk Mengatasi Dampak Musim Kemarau

Dalam suasana musim kemarau yang cukup panjang dan mengakibatkan krisis air serta ancaman terhadap pertanian, Dandim Andika Ari Prihantoro menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat, khususnya Babinsa, memiliki peran penting dalam upaya mengatasi dampak musim kemarau ini.

Menurut Dandim Andika, “Musim kemarau tahun ini memberikan tantangan serius bagi masyarakat kami. Ketersediaan air dan produksi pertanian terancam, sehingga kami perlu bertindak cepat.”

Babinsa Diberikan Tugas Penting

Dalam perintah yang dikeluarkan oleh Dandim, Babinsa diminta untuk melaksanakan beberapa tugas penting. Salah satunya adalah mengkoordinasikan distribusi air bersih kepada masyarakat yang terdampak kekeringan. Mereka juga diharapkan dapat membantu dalam pengelolaan sumber air yang tersedia, termasuk sumur dan kolam.

Selain itu, Babinsa diinstruksikan untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga terkait untuk menyediakan bantuan pangan kepada keluarga yang membutuhkan, khususnya yang terdampak penurunan produksi pertanian akibat musim kemarau.

Kontribusi TNI Angkatan Darat (Babinsa) untuk Kesejahteraan Masyarakat

Dandim Andika Ari Prihantoro menegaskan bahwa TNI Angkatan Darat, khususnya Babinsa, selalu siap untuk memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat. Dia juga mengapresiasi kerja keras para Babinsa yang telah berkomitmen untuk melaksanakan tugas-tugas ini.

“Masyarakat Sidrap dapat yakin bahwa kami akan terus berada di sini untuk mendukung dan melindungi mereka dalam menghadapi tantangan apa pun, termasuk musim kemarau ini,” ujar Dandim Andika. “Kami berharap agar kebijakan ini dapat membantu masyarakat mengatasi dampak buruk musim kemarau dan memastikan kelangsungan hidup mereka,” akunya.

Dengan adanya perintah dari Dandim, diharapkan akan tercipta sinergi antara TNI Angkatan Darat dan masyarakat Sidrap dalam mengatasi krisis musim kemarau yang saat ini tengah melanda wilayah tersebut.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com