Katasulsel.com,Sidrap — Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Kabupaten Sidrap berlangsung meriah. Upacara yang diadakan pada Sabtu, 28 Oktober 2023, berlokasi di Lapangan SKPD Kabupaten Sidrap, Jalan Harapan Baru, Kelurahan Batu Lappa, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap.

Inspektur upacara dalam peristiwa bersejarah ini adalah Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro SE.,M.I Pol. Anggota KNPI Kabupaten Sidrap, Iswan dan Paisail Razik, masing-masing bertindak sebagai Perwira Upacara dan Komandan Upacara. Sementara itu, pembacaan Keputusan Kongres Pemuda 1928 dilakukan oleh Muhammad Ridwan Nur dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 dilakukan oleh Fitri Mentari.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Sidrap yang diwakili oleh Asisten I, Drs. Muhammad Ikbal M.Si, Kapolres Sidrap, Akbp Irwansyah S.ik. MH, Ketua DPRD Sidrap, H. Ruslan SH. M.AP, dan Kajari yang diwakili Kasi Intel Kabupaten Sidrap, Adityo Ismutomo SH. Selain itu, para Kepala OPD, Asisten, dan Kabalak Kabupaten Sidrap, serta para Kapolsek jajaran Polres Sidrap dan Ibu Ketua Persit KCK Cab XLIV Dim 1420/Sidrap, Ny. Riska Andika Ari Prihantoro, juga turut memeriahkan acara tersebut.

Dalam sambutannya, Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf. Andika Ari Prihantoro, SE.,M.I.Pol, menekankan bahwa Hari Sumpah Pemuda adalah momentum mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.

Dia juga menyoroti bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”. Logo HSP 95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menimbulkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

“Indonesia memang sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax dan ujaran kebencian serta sejumlah problem bangsa lainnya,” kata Letkol Inf. Andika Ari Prihantoro, SE.,M.I.Pol.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com