KATASULSEL.COM, SIDRAP — Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol., meninjau langsung kembali lokasi pengerukan untuk pembuangan air Abbolange di wilayah Desa Wettee Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang, Senin (25/04/24).

Kegiatan pengerukan untuk pembuangan air Abbolange ini merupakan bagian dari kegiatan optimalisasi lahan rawa (Opla Rawa) dimana Rawa adalah wadah air beserta air dan daya air yang terkandung di dalamnya, tergenang secara terus menerus atau musiman, terbentuk secara alami di lahan yang relatif datar atau cekung dengan endapan mineral atau gambut dan ditumbuhi vegetasi, yang merupakan suatu ekosistem.

Optimalisasi Lahan Rawa (OPLA) merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam melakukan akselerasi penanganan darurat pangan.

Kegiatan peninjauan pengerukan pembuangan Abbolange 1 dengan volume awal 1300 meter dengan lebar bibir 4 meter kedalaman 1,5 meter dengan hasil yg sudah di kerja sampai saat ini 300 meter saat ditinjau langsung.

Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol., berharap semoga kegiatan pengerukan ini cepat selesai dan rampung agar cepat mengairi seluruh sawah yang menjadi target optimalisasi lahan rawa begitupun di lokasi lainnya sementara tahap pengerjaan. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com