Katasulsel.com, Sidrap — Komunitas Hindu Towani Tolotang kembali menggelar kegiatan perayaan adat istiadat tahunan Komunitas Hindu Towani Tolotang di Perrinyameng, Kelurahan Baula, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap, Minggu, 31 Desember 2023. Kegiatan tahunan ini mendapat mengawalan dari kepolisian, dalam hal ini Polsek Tellu Limpoe di backup Polres Sidrap. 

Adapun pemangku adat yang melaksanakan ziarah dan ritual adat istiadat tahunan di Perrinyameng adalah Wa. Wekkeng, Wa. Waina, Wa. Sewang, Wa. Rukiah, dan Wa. Nengki. Mereka bersama rombongan kurang lebih 1.000 orang menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 300 unit dan roda empat sebanyak 100 unit.

Kegiatan ini merupakan ziarah ke makam leluhur yang dilakukan secara turun temurun sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Kemudian menjadi penanggung jawab kegiatan ini adalah Wa. Wekkeng selaku Pemangku adat Komunitas Hindu Towani Tolotang.

Terlihat, pengamanan disertai pengawalan dari kepolisian dipimpin langsung Kapolsek Tellu Limpoe, IPTU Mattalunru, SH. Acara berlangsung dengan baik dan kondusif sejak pagi hingga siang sekira pukul 12.50 WITA.

Bagi komunitas Hindu Towani di Sidrap ini, ziarah ke makam dilakukan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang dilakukan secara turun temurun oleh penganut kepercayaan ini, baik yang berdomisili di Sidrap maupun dari luar Kabupaten Sidrap.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com