Katasulsel.com, Makassar — Partai Gerindra terus menunjukkan kekuatannya dalam pemilihan umum (Pemilu) legislatif 2019. Pada Kamis (29/2), Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat bahwa Gerindra unggul di dua daerah pemilihan (Dapil) di Sulawesi Selatan, yakni Kabupaten Bone (Dapil VII) serta Kabupaten Soppeng dan Wajo (Dapil VIII).

Menurut real count KPU, Partai Gerindra setidaknya mendapatkan dua kursi di Dapil VIII Seiring dengan itu, peluang Gerindra untuk merebut tiga kursi di Dapil VII juga masih terbuka lebar. “Namun kita masih menunggu hasil resmi dari KPU,” kata Suwadi Idris Amir, peneliti dari PT Indeks Politika Indonesia (IPI).

Pada Pemilu 2019 lalu, Partai Golkar merupakan pemenang di dua Dapil tersebut. Namun, Sekretaris DPD I Golkar Sulsel, Andi Marzuki Wadeng, tetap optimis meraih kursi lebih di Dapil lain dengan adanya suara-suara yang masih akan dihitung.

“Kita masih tetap optimis untuk menunggu hasil 30 persen yang belum masuk, karena ada beberapa Dapil provinsi yang kita perkirakan dapat kursi, seperti misalnya Dapil VIII, mestinya dapat 2 kursi tapi sekarang ini sisa satu kursi. itu penurunankan,” ujarnya.

Walaupun Partai Golkar kecewa dengan hasil sementara dan di luar perkiraan, Andi Marzuki menegaskan bahwa dirinya dan tim sudah bekerja maksimal. Meskipun di Dapil Bone dan Wajo, Golkar harus terhenti dan kalah dari Gerindra.

“Ini di luar perhitungan, oleh karena itu tentu memang kami sangat prihatin melihat kondisi seperti ini yang hasilnya di luar perkiraan dan perhitungan kita semua. Karena semua Caleg juga itu sudah sangat maksimal, ternyata hasilnya seperti ini, itulah yang memprihatinkan,” jelasnya.

Hasil Pemilu 2019 menjadi bukti bahwa semua partai politik harus bersaing dan bekerja keras demi mendapatkan kursi di parlemen. Setiap suara sangat berharga, dan hasilnya tidak selalu sesuai dengan harapan atau prediksi sebelumnya. Namun, inilah esensi demokrasi, memberikan suara dan hak untuk dipilih.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com