Katasulsel.com, Luwu Timur — Sebuah insiden tragis terjadi di Danau Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, pada Jumat, 1 Maret 2024. Sebuah kapal penumpang bernama KM Indah dilaporkan tenggelam sekitar pukul 15.00 WITA karena kelebihan muatan, demikian yang terungkap dalam sebuah video yang beredar.

Menurut sumber dari warga setempat yang enggan disebutkan namanya, kapal tersebut tenggelam akibat muatan yang berlebihan. Kapal tersebut membawa 40 unit mobil, termasuk mobil pribadi dan beberapa mobil truck yang memuat pupuk.

“Muatannya berlebihan, sehingga kapal tenggelam,” ungkap seorang warga yang berada di lokasi kejadian. “Ada sekitar 44 mobil yang dia muat. Beberapa mobil truck membawa pupuk kandang.”

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. “Saya sempat mampir. Alhamdulillah, semua penumpang selamat. Mobil-mobil terendam karena over muatan,” tambahnya.

Humas Polres Luwu Timur, Bripka A. Muh. Taufik, mengkonfirmasi kejadian tersebut. Dia menyebutkan bahwa kapal tersebut dimiliki oleh seorang bernama Manding, dengan Wandi sebagai nahkoda. Kapal tersebut memuat 9 unit roda 6 yang berisi pupuk kandang dan 2 unit roda 4 yang membawa bebek potong.

“Saat ini belum ada laporan korban jiwa. Namun, 2 unit mesin Mitsubishi Fuso diesel tenggelam di sekitar pinggir pulau,” jelasnya.

Insiden ini menegaskan pentingnya untuk memperhatikan kapasitas muatan kapal demi keselamatan penumpang dan barang bawaan. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com