KATASULSEL.COM, SIDRAP — Babinsa Koramil 1420-7/Baranti Kelurahan Baranti Sertu Zainuddin melaksanakan kegiatan pendampingan Pelayanan Posyandu di Kampung Baranti Lingkungan II  Kelurahan Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap, Rabu (20/03/24).

Kegiatan pendampingan Pelayanan Posyandu dalam rangka untuk membantu kelancaran tertibnya kegiatan dan memberikan himbauan kepada ibu-ibu yang memiliki Balita dan ibu hamil untuk datang mengikuti  Posyandu ” Massimpuloloe”.

Adapun kegiatan posyandu yang dilaksanakan oleh kader posyandu yakni Penimbangan berat badan Balita, Pengukuran panjang badan Balita, Pemberian Imunisasi, Pemberian Vitamin, Pemberian asupan makanan tambahan dan Pemeriksaan kesehatan ibu hamil.

Babinsa Sertu Zainudin mengatakan kegiatan Posyandu yang digelar Bidan Desa tersebut merupakan kegiatan rutin setiap bulannya yang diikuti para Balita yang berada di wilayah Kelurahan Baranti.

Komandan Kodim 1420 Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol mengatakan, dengan pemberian vitamin dan bubur serta edukasi melalui posyandu bisa mencegah anak dan ibu hamil dari berbagai penyakit.

“Janin dalam kandungan berpotensi mengalami gangguan pertumbuhan dan Stunting akibat malnutrisi (ketidak seimbangan antara suplai nutrisi dan kebutuhan energi tubuh untuk mendukung pertumbuhan) dan gangguan kesehatan ibu,” ujar Dandim.

“Kondisi Stunting sendiri sangat berpengaruh bagi masa emasnya anak, Stunting itu lambat dalam perkembangan tumbuh kembang anak Jika kondisi ini dibiarkan, anak jadi pendek dan perkembangan motoriknya jadi terlambat,” sebut Dandim

Dikatakan Dandim, keterlibatan Babinsa di posyandu untuk memberikan edukasi dan mendorong ibu hamil supaya mengecek kondisi kesehatan secara berkala.

“Kita coba memberikan himbauan kepada masyarakat agar mengikuti posyandu setiap bulannya di kelurahan/desa masing-masing,” tandas Dandim.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Tim Teknisi dari Puskesmas Baranti, Babinsa kelurahan Baranti, Bidan Desa Kelurahan Baranti, Para Kader Posyandu, Kader PTM dan Para peserta Posyandu yang ikut kurang lebih 87 orang. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com