KATASULSEL.COM, ENREKANG – Sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Enrekang menerima vaksinasi Meningitis kamis (18/04/2024). Pemberian vaksinasi dilaksanakan di Rumah Jabatan Bupati, yang dihadiri langsung oleh Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, sekaligus memantau proses pemberian vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh seluruh calon jemaah haji. Fasilitator penanganan vaksinasi Meningitis adalah tim Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang, yang dibagi menjadi dua zona untuk 196 CJH.

Kepala Dinas Kesehatan Enrekang, Nurjanah Mandeha, menjelaskan bahwa pemberian vaksinasi Meningitis adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh calon jemaah haji untuk mencegah radang selaput otak dan melindungi mereka dari penyakit meningitis.

“Ini merupakan salah satu persyaratan kesehatan yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan kesehatan jemaah haji kita, serta mencegah penyebaran penyakit di antara mereka jika nantinya berada di tanah suci,” terang Kadis Kesehatan.
Sementara itu, Pj Bupati H. Baba, yang hadir secara langsung, memantau proses pelaksanaan vaksinasi. Dia mengatakan, sebanyak 196 calon jemaah haji akan menerima vaksinasi, terdiri dari 74 laki-laki dan 122 perempuan.

“Rencana keberangkatan calon jemaah haji akan dilaksanakan pada 3 Juni 2024 mendatang, bersamaan dengan Makassar dan Luwu Utara, di kloter 37, embarkasi Makassar,” kata Pj Bupati Enrekang. Kamis (18/04/2024)lalu

Pj Bupati berharap kepada 196 calon jemaah haji agar saat berada di tanah suci nanti, tidak menjauh dari rombongan karena di Mekah, manusia berkerumun seperti lautan, terutama saat mencium Hajar Aswad dan tawaf, yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk tetap bersama rombongan, menjaga kekompakan, dan mengikuti arahan ketua regu masing-masing. Kalau tidak ada kesempatan untuk mencium Hajar Aswad, lebih baik memperbanyak doa.

Jelang ibadah haji, menjaga pola makan dan minum menjadi kunci utama. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan fisik yang dibutuhkan selama beribadah. Selain itu, olahraga juga disarankan sebagai bagian dari persiapan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Dengan memperhatikan pola makan, minum yang cukup, dan berolahraga secara teratur, insyaallah calon jamaah haji dapat beribadah dengan kondisi fisik yang prima. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com