KATASULSEL.COM, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, menghadiri penamatan pelajar di UPT Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Enrekang, di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Galonta, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Susel), Senin (22/04/2024).

Selain Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, turut hadir dalam acara Pasi Ops Kodim 1419 Enrekang Letda Kav David, Kabag Sumda Polres Enrekang Kompol Fatahuddin Burhanuddin, Kasi Intel Kejari Enrekang Muhammad Edriyadi Djufri, Camat Enrekang Syafaruddin Rasyid, dan Pengawas UPT SMA 2 Enrekang, serta tamu undangan.

Pada momen acara penamatan, berbagai pertunjukan digelar sebagai ungkapan perpisahan antara siswa-siswi dengan guru dan sekolah mereka, termasuk pemberian piagam penghargaan kepada 20 siswa-siswi terbaik dan berprestasi dari masing-masing jurusan, IPA dan IPS.

Tak terbendung pula haru dan tangisan para orang tua siswa-siswi saat menyaksikan acara penamatan, ini sebagai ungkapan dari perjuangan mereka terhadap anak-anaknya.

Kepala SMA Negeri 2 Enrekang, Sukayono, S.Pdi, M.Pd, menyampaikan bahwa meskipun belum ada pengumuman secara resmi, sebanyak 326 siswa-siswi kelas XII sudah dapat dipastikan lulus seratus persen dengan prestasi yang membanggakan. Ia juga mengungkapkan berbagai prestasi yang diraih baik dari sekolah maupun dari siswa-siswi.

“Baru-baru ini, 25 siswa-siswi kami telah mendapat jalur undangan di berbagai universitas di Indonesia. Selain itu, juga menopang salah satu penilaian Adipura sehingga Kabupaten Enrekang meraih piagam penghargaan. Ini sangat membanggakan,” kata Sukayono.

“Momentum ini pula, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Forkopimda, dan stakeholder, atas dedikasi dan perhatiannya. Meskipun kami sebagai Pegawai Provinsi, hati kami tetap setia di Enrekang,” pungkasnya.

Pj Bupati Dr. H. Baba, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada keluarga besar UPT SMS 2 Enrekang yang telah membangun dunia pendidikan di kabupaten Enrekang dengan berdedikasi yang membanggakan.

“Ini adalah momen yang sangat penting bagi kita semua. Namun, di tengah kebahagiaan ini, kita juga harus mengakui bahwa masih ada stigma yang melekat terhadap pendidikan, terutama ketika kita bicara tentang mencapai jenjang pendidikan tinggi. Kadang-kadang, orang berpikir bahwa cukup sampai S1 saja, padahal sebenarnya kita punya potensi untuk mencapai jenjang S2 atau S3,” terangnya.

Oleh karena itu, Pj Bupati ingin menekankan betapa pentingnya untuk tidak terpaku pada gelar S1 saja.

“Mari tetap berjuang untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti S2 dan S3. Tentu dengan semangat dan kerja keras, kita pasti bisa meraihnya,” imbuhnya.

“Alhamdulillah, kita juga bersyukur karena telah memiliki Universitas Muhammadiyah (UNIMEN) yang merupakan tempat yang sangat baik untuk menimba ilmu. Ini adalah kesempatan baik bagi adik-adik untuk mengembangkan diri dan meraih impian di sana,” ajaknya.

Pj Bupati mengucapkan selamat kepada para lulusan. “Semoga kalian semua menjadi generasi yang cerdas, berdedikasi, dan bermanfaat bagi masyarakat dan bangsa,” tutupnya. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com