Makassar – Eks Kapolres Soppeng AKBP Santiaji Kartasasmita SIk dipanggil mendadak oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS.M.M.

Pemanggilan Santiaji Kartasasmita pada Rabu, 11 Januari 2023 itu, terkait sepak terjangnya saat ia masih aktif menjabat sebagai Kapolres Soppeng.

Padahal, Santiaji Kartasasmita saat ini sudah dimutasi ke Bumi Lasinrang Pinrang. Dia sudah menjabat sebagai kapolres disana sejak 5 Januari 2023

Rupanya, pemanggilan Santiaji Kartasasmita oleh Kapolda Nana Sudjana tidak lain untuk menerima reward. Santiaji Kartasasmita diklaim meninggalkan catatan positif saat masih jadi pimpinan di Polres Soppeng.

Saat masih bertugas di Soppeng, Santiaji Kartasasmita dianggap sukses membawa institusi yang dipimpinnya sebagai Polres terbaik se Polda Sulsel 2022 dalam hal kepatuhan standar pelayanann publik.

Tidak tanggung-tangung loh. Penghargaan ini ia dapatkan atas penilaian murni dari pihak eksternal, dalam hal ini oleh Ombudsman RI Perwakilan Sulsel.

Penilaian tersebut menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik Survei melalui pengumpulan data berupa wawancara kepenyelenggara layanan, wawancara ke masyarakat, observasi ketampakan fisik ( tangible ) dan pembuktian dokumen pendukung standar pelayanan

Pada penilaian tahun 2022 itu, Polres Soppeng menempati urutan pertama dengan nilai 86,50, kategori B, Opini Kualitas tinggi dan Zonasi hijau.

Prestasi yang diraih Polres Soppeng mengungguli 23 Kepolisian Resort lainnya di Sulsel.

Santiaji Kartasasmita yang dikonfirmasi terpisah, membenarkan pemberian reward tersebut, “Iya benar mas. Kemarin dipanggil bapak kapolda untuk penerimaan reward itu, ” ujar Santiaji Kartasasmita via ponselnya.

Mendapatkan reward itu, Santiaji Kartasasmita mengaku sangat bangga dan bersyukur. Diapun berharap apa yang telah dipersembahkannya itu menjadi pelecut semangat peningkatan kinerja di Polres Soppeng ke depannya.

Saat ini, kata Santiaji Kartasasmita, dirinya sudah bertugas sebagai Kapolres di tempat lain, yakni di Kabupaten Pinrang.

Tentu saja, alumni AKPOL tahun 2002 itu berharap dapat mendulang prestasi di tempat tugas yang baru dengan melakukan inovasi-inovasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan Polres Soppeng (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com