Katasulselcom Sidrap – Guna mendukung dan menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan bagi warga binaan, Rutan Kelas IIB Sidrap Kanwil Kemenkumham Sulsel mengoptimalkan pembinaan kemandirian bagi warga binaan, Kamis (04/05).

Selama mengikuti program pembinaan kemandirian, warga binaan diberikan keterampilan kerja, latihan kerja dan produksi. Rutan Sidrap menyediakan sarana dan pra sarana bagi WBP untuk menyalurkan minat dan bakatnya sehingga meskipun di dalam Rutan, mereka tetap dapat meningkatkan nilai hidupnya.

“Pembinaan kemandirian bertujuan untuk memberikan kemampuan WBP yang terampil di bidang tertentu, sehingga sebagai bekal untuk kembali hidup di masyarakat ketika selesai menjalani masa pidana”, ucap Karutan Iskandar Djamil.

Kegiatan Pembinaan Kemandirian di Rutan Sidrap meliputi kegiatan Agribisnis seperti pertanian, peternakan dan perikanan. Kegiatan manufaktur seperti kegiatan kerajinan tangan, las, dan meubelair. Kegiatan jasa meliputi jasa laundry dan barbershop.

Adapun pembinaan kemandirian unggulan dari Rutan Sidrap yaitu kegiatan peternakan, perikanan dan pembuatan kerajinan tangan.

Dengan memanfaatkan lahan yang ada, Rutan Sidrap mampu membuat beberapa kolam ikan yang dimanfaatkan untuk melakukan budidaya berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan lele, ikan emas, ikan nila, dan ikan bawal. Rutan Sidrap juga telah bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Sidrap terkait pelatihan dan pembinaan bagi warga binaan, menyediakan bibit ikan, sekaligus membantu dalam hal pemasaran.

Rutan Sidrap memiliki 2 jenis peternakan yaitu peternakan bebek dan ayam yang menjadi wadah untuk membina dan mendidik WBP mengingat wilayah Kab. Sidrap yang terkenal dengan peternakan bebek dan ayamnya.

Selain itu, juga ada jenis pembinaan kemandirian meubelair dengan membuat lemari dan kerajinan tangan seperti lampu hias, mobil-mobilan, hiasan dinding burung merak, dan patung ayam yang semuanya dikerjakan di Ruang Bimbingan Kerja Rutan Sidrap.

Hasil pendapatan dari kegiatan bimbingan kerja ini telah rutin dilakukan penyetoran PNBP kepada Negara setiap bulannya. Dalam menyetorkan PNBP kepada Negara, Rutan Sidrap selalu berkomitmen untuk melebihi target yang telah ditentukan setiap tahunnya.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com