Katasulsel.com, Enrekang – Tidak lama lagi, Kabupaten Enrekang akan memiliki Kantor Gabungan Dinas (Gadis).

Sebagai gambaran, kantor gadis yang digagas Pemkab Enrekang ini nantinya berlantai III, kantornya bersebelahan Kantor Bupati Enrekang.

“Semacam Mall Pelayanan Publik. Semua pelayanan dasar untuk masyarakat nanti ada disitu,” ujar Sekda Enrekang, Dr.H.Baba,SE.MM, Jumat, 5 mei 2023.

Sekda Baba menyampaikan, kantor ‘gadis’ tersebut nantinya juga akan terintegrasi jenis-jenis pelayanan dasar publik lainnya.

Karena itu, kata dia, di kantor ‘gadis’ itu nantinya, akan berkantor sejumlah perangkat daerah yang terkait langsung sektor pelayanan dasar, seperti perizinan, Capil, BKPSDM, Bappelit bangda, Bapenda dan lainnya

Sekda Baba menerangkan, kantor ‘gadis’ yang digagas tersebut, tidak lain untuk membantu masyarakat mendapatkan pelayanan dengan cepat dan akurat, termasuk layanan perizinan, dan urusan kependudukan lainnya.

Yang membuat kantor ‘gadis’ Enrekang itu nantinya berbeda dengan di daerah lainnya, kata Sekda Baba, sebab bukan hanya perangkat daerah saja ada disitu kelak

“Nanti, akan diupayakan ada juga perwakilan dari kantor lembaga vertikal seperti kemenag, kepolisian dan kejaksaan yang berkaitan dalam pelayanan dasar masyarakat,” janjinya.

Saat ini, sebutnya, sudah ada beberapa OPD berdsarkan Surat Bupati Enrekang yang ditentukan berkantor di gedung ‘gadis’ II tersebut.

“Sudah ada beberapa yang ditentukan oleh bapak bupati, seperti Dinas Penamanan Modal dan PTSP,Dinas Dukcapil, Bappellitbangda, Bapenda serta Disperkim,” akunya

Selanjutnya, eks kantor-kantor lama yang ditinggalkan nanti, akan diisi OPD lainnya seperti ex Bappellitbangda ditempati Dinas Ketahanan pangan dan BPBD, ex gedung PTSP ditempati Diskominfo -Statistik,ex kantor Dukcapil dtempati Dinas P3A

Sekda Baba menyampaikan, kebijakan ini tidak lain untuk mengoptimalisasi mutu pelayanan publik di Enrekang

Bagaimana dengan kehumasan Dinas Kominfo- Statistik Enrekang? Lubis Rahman memberi penjelasan juga akan pindah ke kantor ‘gadis’ II tersebut.

“Kami pindah juga disana. Sekarang sudah proses pemindahan barang-barang dan Insya Allah mulai bulan Mei ini, kami sudah maksimal lagi bekerja,” ujar Kabid Kehumasan Diskominfo Enrekang itu (mas)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com