Katasulsel.com, -Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, H. Basra menghadiri sekaligus membuka Seminar dan Musyawarah Cabang (Muscab) III Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) Kabupaten Sidrap, Ahad (25/6/2023).

Acara mengusung tema “Melalui Seminar ATLM (Ahli Tenaga Laboratorium Medik), Kita Tingkatkan Solidaritas, Tanggungjawab serta Kecintaan Terhadap Profesi”.

Tampak hadir, Ketua DPW Patelki Sulsel, Muhammad Idris Mone, Ketua DPC Patelki Sidrap 2019-2023, Alimin dan Sekretaris Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB, Jufri Lande.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Paripurna DPRD Sidrap diikuti pengurus DPC Patelki Sidrap serta undangan lainnya.

Idris Mone dalam sambutanya menyampaikan pentingnya peran ATLM dalam pelayanan kesehatan. Bahkan aturan BPJS mewajibkan ada hasil laboratorium dalam diagnosa dokter agar bisa di-cover.

Disebutkannya, tenaga ATLM termasuk dari 9 tenaga esensial yang harus ada di pelayanan kesehatan dasar.

Ia juga berpesan agar ATLM tidak berhenti dalam meningkatkan kompetensi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi khususnya dibidang laboratorium medik.

“Kepada pengurus yang akan dipilih dan dilantik nantinya agar kiranya menghadirkan kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam pelayanan, sekaligus untuk memberikan persyaratan perpanjangan registrasi untuk mendapatkan izin paket sehingga tidak perlu lagi keluar daerah untuk mendapatkan SKP,” pintanya.

Sementara, Sekda Sidrap menyampaikan apresiasi kepada ATLM atas pelayanan kesehatan di Kabupaten Sidrap selama ini.

Sebagai bentuk perhatian kepada ATLM, Sekda Sidrap menyebutkan, pemerintah telah memberikan perhatian khusus, Itu dibuktikan telah mengusulkan sebanyak 745 tenaga kesehatan untuk formasi P3K termasuk didalamnya dari Patelki.

“Kita telah meyampaikan dalam pengusulan formasi bahwa Kabuapaten Sidrap masih membutuhkan tenaga kesehatan dan telah mengusulkan 100 persen untuk tenaga kesehatan dari jumlah kuota yang diberikan pusat, itulah bentuk perhatian kepada tenaga kesehatan,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Sekda Sidrap menyampaikan selamat mengikuti kegiatan Seminar dan Muscab DPC PATELKI Priode 2023-2027.

“Saya berharap kepengurusan nanti terus melanjutkan sinergitas dengan pemerintah daerah dalam hal pelayanan kesehatan,” tutupnya sekaligus membuka acara secara resmi.

Seminar DPC Patelki Sidrap menghadirkan narasumber, Muh. Idris Mone, S.Si, M.Kes dan dr. Lisdiana Amin Asri, Sp, PK.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com