Dedy Setiawan, Ketua Starfindo, sebuah asosiasi startup untuk industri yang digagas oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, mengungkapkan bahwa program Startup4industri adalah inisiatif pemerintah untuk mendorong pertumbuhan startup nasional dan mendukung Indonesia4.0. Tujuan dari program ini adalah menciptakan startup yang kompetitif dan memperkuat industri di Indonesia.

Dr. Andi Nur Bau Massepe, Dosen FEB Universitas Hasanuddin dan Senior Managing Partner ACMF Indonesia, berpendapat bahwa skema Private Equity (PE) dan Venture Capital (VC) memberikan akses keuntungan yang dapat diakses oleh startup atau perusahaan. Apabila perusahaan menjadi incaran lembaga PE atau VC, hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut dinilai kompetitif dan memiliki keunggulan dibandingkan dengan perusahaan sejenis.

“Anda Nur Bau Massepe menjelaskan, ‘Private equity tidak hanya memberikan modal, tetapi juga dukungan manajemen dan jaringan pasar yang lebih luas. Inilah kelebihan PE dibandingkan dengan bank’,” ujarnya. “Investor PE memiliki harapan bahwa perusahaan kita akan tumbuh, dan tentu saja hal ini akan menguntungkan mereka yang telah menginvestasikan modalnya dalam perusahaan tersebut,” tambahnya.

ACMF merupakan lembaga konsultan yang fokus pada pengembangan ekosistem Private Equity (PE) secara global. Melalui International Private Fundraising, ACMF membantu startup yang berada dalam fase pertumbuhan dan perusahaan menengah. Peluang akses ke investor individu, Venture Capital, dan bisnis keluarga yang menggunakan skema pendanaan ekuitas semakin berkembang sebagai alternatif selain pasar modal dan perbankan.

ACMF membantu perusahaan dalam memperbaiki model bisnis dan mengevaluasi kesiapan mereka dalam mengakses pendanaan ekuitas. Kehadiran ACMF juga memudahkan investor dalam memvalidasi prospek perusahaan dalam pengambilan keputusan. Fokus ACMF pada kegiatan berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) ke-8, yaitu mendukung pembangunan ekonomi, dan SDGs ke-13, yaitu mendorong kesadaran pelaku bisnis terhadap perubahan iklim.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com