KATASULSEL.COM, SIDRAP – Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,SIK pimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023 di Halaman Mako Polres Sidrap. Senin pagi (04/September/2023)

Kegiatan Operasi Zebra Pallawa 2023 diawali dengan penyematan pita oleh pemimpin apel kepada masing-masing perwakilan dari Polri, TNI, Sat Pol PP, dan Dinas Perhubungan Sidrap sebagai tanda dimulainya operasi. 

Dalam arahannya, Kapolres Sidrap menyampaikan bahwa, Operasi Zebra Pallawa 2023 akan dilaksanakan selama 14 Hari kedepan mulai tanggal 4 September sampai 17 September 2023 dengan mengusung tema Kamseltibcar Lantas yang kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

Kapolres Sidrap juga menyampaikan, Ops Zebra Pallawa 2023 adalah operasi harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum lantas secara elektronik baik statis maupun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Adapun sasaran prioritas pelanggaran yang diutamakan dalam Operasi Zebra Pallawa 2023 yaitu, menggunakan handphone saat berkendara, Pengemudi atau pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm SNI dan pengemudi tidak gunakan Safety Belt, Pengemudi atau pengendara dalam pengaruh alkohol, Pengemudi atau pengendara melawan arus lalulintas, Pengemudi atau pengendara melebihi batas kecepatan berkendara”, Ujar Kapolres.

Dalam penanganan ke tujuh jenis pelanggaran tersebut, lakukan secara persuasif, humanis dengan memberikan tindakan teguran simpatik, dan atau tilang konvensional serta dengan system etle statis dan etle mobile kepada pelanggar.

“Selain tindakan teguran simpatik, tilang konvensional dan system Etle, juga laksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi secara masif dan simultan kepada seluruh lapisan masyarakat tentang disiplin dalam berlalu lintas sehingga tercipta masyarakat yang patuh dan tertib berlalu lintas sebagai cermin moralitas bangsa”, Jelas Kapolres.

Kapolres Sidrap melanjutkan, Operasi Zebra Pallawa 2023 ini diharapkan dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan Lalu Lintas pada ruas jalan Blackspot, Trouble Spot serta dapat meminimalisir Fatalitas Korban Laka Lantas.

“Kepada seluruh petugas, agar dalam pelaksanaan tugas di lapangan selalu mengutamakan faktor keamanan dan Keselamatan diri dengan tetap berpedoman pada SOP. Hindari tindakan yang menjadi pemicu ketidakpercayaan masyarakat kepada Polri khususnya lalu lintas, lakukan tugas Operasi Kepolisian secara Profesional, Prosedural dan Terbuka dengan cara Persuasif Humanis”, Pesan Kapolres.

Turut hadir dalam Apel Geler Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023, Dandim 1420 Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M.I.Pol, Kepala Kejaksaan Negeri Sidrap Hasnadorah, SH., MH, Asisten Pemerintahan dan Kesejahtraan Rakyat Kab. Sidrap Drs. Muhammad Iqbal, M. Si, Ketua Bhayangkari Cabang Sidrap Ny. Siska Erwin Syah, Kepala Sat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kab. Sidrap Usman Demma, S. Sos, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Sidrap H. A. Bahari, S. IP dan Para Kabag, Kasat dan Perwira Staf Polres Sidrap. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com