Katasulsel.com – Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Sidrap melalui Badan Pendapatan Daerah bersama Bank Sulselbar, menyambangi kantor OPD guna menyosialisasikan sistem transaksi nontunai QRIS (Quick Response Indonesia Standard) kepada ASN.

Kegiatan dimulai Selasa (5/9/2023) di mana Salah satu OPD yang dikunjungi yakni Dinas Lingkungan Hidup.

Sosialisasi dihadiri Kadis Lingkungan Hidup, Andi Faisal Ranggong beserta jajarannya.

Adapun pemateri pada sosialisasi, Kabid Pendapatan, Sulaiman, Kabid Evaluasi dan Pengendalian, Habbabe, Kasubid PAD I, Hendra Hamid, Kasubid PAD II, Andi Ifdhal, dan Reza dari Bank Sulselbar.

Sulaiman menyampaikan kemudahan pembayaran retribusi persampahan melalui QRIS. Salah satu tujuannya untuk menghindari adanya kebocoran penerimaan daerah karena langsung masuk dan tercatat pada rekening kas daerah tanpa melalui bendahara penerimaan.

Lanjutnya, sosialisasi ini merupakan langkah awal menuju program ASN Millennial lingkup Pemkab Sidrap yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ASN dalam mengadopsi teknologi digital guna meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas dalam tugas pelayanan publik.

“Dengan adanya acara ini, diharapkan ASN di Sidrap semakin siap menghadapi zaman millenial dan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan ASN yang lebih digital,” harap Sulaiman.

Dalam sosialiasi ini, dilakukan simulasi cara mengaktifkan mobile banking. Selain itu peserta juga diberi kesempatan untuk mencoba penggunaan QRIS dengan uang tunai sebesar Rp1 yang dipandu langsung oleh pihak Bank Sulselbar.

Untuk diketahui, sosialiasi ini dijadwalkan berlangsung selama dua pekan, menyasar seluruh OPD lingkup Pemkab Sidrap.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com