Katasulsel.com – Setelah melalui rangkaian kegiatan selama empat bulan, Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Retribusi Jasa Umum (RJU) Angkatan IV Pemprov Sulsel, berakhir Selasa (26/9/2023).

Utusan Kabupaten Sidrap berhasil mendominasi peserta terbaik pada pelatihan yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulsel tersebut.

Tiga peserta Sidrap masuk 5 besar dari total 40 peserta. Ketiganya masing-masing menempati peringkat I, II, dan V.

Peringkat I diraih Andi Bustanil, S.AP, M.A.P., yang saat ini menjabat Sekretaris Kecamatan Maritengngae. Disusul Nasrah Anitasari Rasyid, S.E, M. Adm.KP., (Kabid Perencanaan Perekonomian, SDA, dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda Sidrap) di peringkat II.

Sementara Haerani Rasyid, S.STP, M.Adm, KP., (Kepala Bagian Umum dan Keuangan Sekretariat DPRD Sidrap) ada di peringkat V.

Pelatihan bagi pejabat administrator atau eselon III ini diikuti peserta dari Kabupaten Kepulauan Selayar, Sidrap, Toraja Utara, dan Pinrang. Ada pula perwakilan BKKBN Sulsel dan BKKBN Sulbar.

Kabupaten Sidrap mengikutsertakan 12 peserta. Selain 3 nama di atas, ada Adli Lukman, S.IP., M.Si., M. Fasrah Nur, S.STP,. M.Si., Fadhlih, SE., dan Muhammad Tahir B, S.Pd., M.Si.

Selanjutnya Abdul Hadi, S.Sos., M.Si., Alimuddin Baharuddin, SKM., Irwan, S.IP., M.Si., Fadli Yacub, SE., M.Adm. Pemb., dan Muhammad Akbar, S.STP., M.Si.

Kepala BPSDM Sulsel, Prof. Dr. Muhammad Jufri, M.Si., M.Psi., menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta pelatihan dan para reformer atas kesungguhan, ketabahan, dan kedisiplinan yang ditunjukkan selama pelatihan.

“Selamat atas keberhasilan para peserta dalam mengikuti pelatihan ini,” lontarnya.

Jufri mengatakan, selama kurang lebih 4 bulan, para peserta telah berada pada suatu komunitas pembelajaran untuk mendalami keseluruhan materi.

“Materi pembelajaran terangkum dalam empat agenda utama, yaitu agenda kepemimpinan Pancasila dan nasionalisme, agenda kepemimpinan kinerja, agenda manajemen kinerja, serta agenda aktualisasi kepemimpinan,” paparnya.

Ia juga menyampaikan harapan agar setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta telah memperoleh peningkatan pengetahuan dan kompetensi dalam mengemban tugas dalam jabatan administrator atau eselon III.

“Ciptakan suasana kerja yang kondusif, disiplin, dan etos kerja yang tinggi di tempat tugas masing-masing, sehingga dapat diwujudkan produktivitas kerja yang optimal dan birokrasi yang kredibel,” pungkasnya.

Acara penutupan berlangsung di BPSDM Kampus I Jl. Sultan Alauddin No. 105 B, Makassar. Kepala BKPSDM Sidrap, Muhammad Arsul, hadir dalam acara ini.

Tampak pula, para widyaiswara, penyelenggara, peserta pelatihan serta undangan lainnya.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com