Katasulsel.com,Pinrang – Bupati Pinrang, Irwan Hamid, menggelar rapat koordinasi istimewa dengan para ulama di gedung kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pinrang pada Sabtu (30/9). Dalam pertemuan yang penuh kekhidmatan ini, Bupati Irwan memaparkan situasi darurat yang dihadapi oleh Kabupaten Pinrang akibat kemarau panjang yang disebabkan oleh fenomena El-Nino yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

Dalam sambutannya, Bupati Irwan meminta para ulama untuk mengintensifkan doa dan memohon pertolongan Tuhan dalam menyediakan air irigasi bagi petani di Kabupaten Pinrang. Beliau menyatakan kebutuhan akan air irigasi yang memadai sangat penting, terutama dalam situasi kemarau yang berkepanjangan. Dalam upaya mencari solusi, Bupati Irwan bahkan mengajak para ulama untuk bersama-sama menggelar salat Istisqa, suatu bentuk doa memohon hujan dari Tuhan.

“Kami memohon kepada para ulama untuk terus bersatu dalam doa bagi Kabupaten Pinrang. Sambil itu, kami sebagai Pemerintah Kabupaten Pinrang tetap berkomitmen untuk berupaya semaksimal mungkin memenuhi kebutuhan air irigasi bagi para petani,” ujar Bupati Irwan dengan tulus.

Pertemuan ini dihadiri oleh tokoh agama terkemuka, termasuk Ketua MUI Pinrang KH. Abd. Salam Latarebbi dan Imam Besar Masjid Agung Al-Munawwir, serta perwakilan dari Kementerian Agama dan berbagai pihak terkait lainnya. Semangat kebersamaan dan tekad untuk mengatasi tantangan ini bersama-sama sangat terasa dalam pertemuan ini, mencerminkan kesatuan hati dan doa para pemimpin agama dengan pemerintah daerah untuk membantu masyarakat di saat sulit seperti ini.

Kabupaten Pinrang berharap bahwa melalui kesatuan ini, bersamaan dengan upaya manusia, pertolongan dari Tuhan akan turun dalam bentuk hujan yang ditunggu-tunggu, mengakhiri kemarau panjang ini dan membawa kesuburan kembali ke tanah-tanah pertanian mereka. Semua mata dan hati kini tertuju kepada langit, sambil terus melakukan usaha nyata dan doa bersama untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik bagi warga Kabupaten Pinrang.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com