KATASULSEL.COM, ENREKANG — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang meluncurkan Buku Biografi Muslimin Bando. Peluncurkan dilaksanakan sebelum kegiatan talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Lantai 4 Gedung Perpustakaan Enrekang, Rabu 13 Desember 2023.

Biografi ini sebagai dedikasi dan persembahan terakhir dari Dispustaka, untuk kepemimpinan Muslimin Bando selama dua periode.

Biografi Muslimin Bando ditulis oleh Yusran Darmawan dibawah bendera Ganggawa Institute. Alumni Ohio State University AS ini, juga pernah menulis biografi Jusuf Kalla, serta puluhan buku tokoh-tokoh nasional lainnya.

Muslimin Bando mengatakan, ia diinterview oleh penulis beberapa kali. Dan hasilnya lugas dan akurat sepanjang 218 halaman. “Saya memang berpesan, tulis buku ini jangan terlalu berat. Harus dapat dibaca dari anak-anak sampai orang dewasa. Semoga bisa jadi inspirasi kita,” kata MB.

Sementara mantan Wabup Asman dalam testimoninya, menyebut biografi ini sudah dapat menggambarkan kisah hidup dan kepribadian MB yang sederhana, apa adanya dan selalu memposisikan diri sama dengan siapapun.

MB, kata Asman, memang tak muda lagi. Namun energi, kondisi fisik dan semangatnya tidak kalah dengan mereka yang muda. Sambil Asman menuturkan pengalaman-pengalaman sejak 2008 mengenal dekat MB.

Pj Sekda Andi Sapada menyebut pengabdian MB sebenarnya tak cukup diulas 1 buku. Begitu banyak hal yang telah dilakukan pria berlatarbelakang pendidik ini. Sejak sebelum bupati sampai menuntaskan 10 tahun kepemimpinannya.

Ia berharap biografi ini bisa hadir di setiap perpustakaan desa, sekolah, di kantor-kantor, dan sudut-sudut baca. 

“Muslimin Bando telah menjadi orangtua kita semua. Semoga biografi ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi, bagi pelajar, pengusaha, petani, hingga birokrat, dalam meneladani kebaikan beliau,” tegas Andi Sapada.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com