KATASULSEL.COM, SIDRAP — Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Koramil 1420-05/Dua Pitue bersama Polsek Tantu Tedong dan warga masyarakat gotong royong bersihkan Taman Makam Bahagia Kelurahan Tanru Tedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang, Kamis (04/04/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ws. Danramil 1420-05/Dua Pitue dan Kapolsek Tantu Tedong serta warga masyarakat yang bergotong royong membersihkan Taman Makam Bahagia. Mereka membawa alat-alat seperti cangkul, sapu, dan lainnya dengan penuh antusiasme.

Saat di temui Ws. Danramil Letda Inf Murjalil, di lokasi makam, mengatakan bahwa tradisi ini dilakukan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tujuannya untuk menjaga kebersihan dan keindahan area pemakaman sebagai wujud penghormatan kepada para leluhur.

“Tradisi bersih makam ini merupakan bagian dari warisan budaya yang kami lestarikan. Kami ingin menjaga keindahan dan ketertiban makam dusun sebagai bentuk hormat kepada nenek moyang,” ujar Ws. Danramil.

Anggota Koramil dan Polsek bersama warga masyarakat bahu-membahu membersihkan dan merapihkan setiap sudut makam. Mereka membersihkan rumput liar, menyapu daun kering, dan membersihkan batu nisan.

Lurah Tanru Tedong, juga mengapresiasi semangat dan kekompakan Anggota TNI Polri dan warga. “Saya bangga melihat semangat dan kekompakan TNI Polri dan Warga dalam menjaga kebersihan dan keindahan makam dusun. Semoga tradisi ini terus berlanjut dan menjadi bagian budaya desa kita,” ungkapnya.

Tradisi bersih makam ini menjadi contoh nyata pentingnya menjaga dan merawat tempat peristirahatan terakhir para leluhur. Diharapkan tradisi ini terus berlanjut dan menjadi bagian budaya masyarakat setempat, serta memperkuat semangat gotong royong dan kebersamaan di Kelurahan Tanru Tedong. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com