KATASULSEL.COM, SIDRAP – Dalam rangka menjaga lingkungan agar tetap bersih dan juga sekaligus untuk menjaga budaya gotong royong bersama masyarakat, Babinsa Koramil 1420-05/Dua Pitue bersama beberapa pemerintah kecamatan dan kelurahan serta warga masyarakat membersihkan sampah dan rumput liat di pinggiran saluran irigasi sawah.

Hal tersebut dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Tanru Tedong Serma A. Rahman bersama warga membersihkan pinggir jalan dan parit yang sudah mulai tertutup oleh rumput dan sampah di sepanjang saluran irigasi Jalan Dongi Kelurahan Tanru Tedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidenreng Rappang, Minggu (21/04/24).

“Kami membersihkan parit dan pinggir jalan dari rumput liar dan sampah bersama masyarakat di wilayah binaan tersebut, dengan tujuan untuk memperlancar aliran air agar tidak terjadi banjir dimana saat ini kita sudah masuk musim penghujan,” ujarnya,

Ia juga memberikan motifasi kepada warga untuk selalu peduli akan kebersihan lingkungan tempat tinggal. Karena, jika lingkungan tidak bersih, dan aliran air tersumbat. Maka akibatnya bisa menjadi banjir dan juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

“Perlunya kesadaran kita bersama dalam menciptakan lingkungan tetap bersih dan rapi, dengan rutin membersihkan parit sehingga air bisa mengalir dengan lancar,” tuturnya.

Selain dalam rangka mendukung kebersihan lingkungan, dan menjaga budaya gotong royong ditengah warga binaan. Menurutnya, momen tersebut adalah sebagai wadah untuk membaur ditengah masyarakat.

Melalui kegiatan gotong royong, merupakan salah satu kegiatan paling efektif untuk membangun kebersamaan dan keharmonisan bersama warga.

“Sebagai aparat teritorial kegiatan seperti ini harus dilakukan agar hubungan kekeluargaan dengan masyarakat semakin erat dan dekat,” ungkapnya. (*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com