Katasulsel.com, JAKARTA – Mata yang jernih dan sehat tentu akan mempengaruhi kualiatas hidup, namun sebaliknya jika terdapat gangguan dan terdapat penyakit, maka penglihatan dan aktivitas akan terganggu.

Oleh sebab itu penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi sayur atau buah-buahan yang dapat menyehatkan mata kita.

Diketahui bahwa penyakit mata jarang sekali menjangkit usia anak-anak dan remaja. Namun kekinian tidak sedikit usia anak-anak dan remaja penglihatannya menjadi terganggu yang disebabkan karena terlalu sering dan lamanya bermain gadget.

Padahal ada batas waktu berapa lamanya untuk bermain gadget dan melihat layar monitor dari gadget yang kita gunakan. Jika berlebihan saja maka akan ada efek samping, seperti kepala akan terasa pusing dan mata serasa berkunang-kunang.

Menurut para ahli seperti yang kami himpun dari berbagai sumber, bahwasanya batas waktu maksimal anak-anak mengakses gadget yakni 1–2 jam per hari.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa era teknologi bukanlah kemunduran, tapi kemajuan yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah mengakses informasi, pengetahuan dan wawasan.

Karenanya maka gunakanlah gadget sebagaimana mestinya dan jangan ketergantungan padanya bahkan kecanduan karena sesuatu yang kurang bermanfaat.

Anak-anak dan remaja bahkan yang dewasa kekinian teramat senang menghabiskan waktunya dengan bermain gadget, apalagi dengan kehadiran berbagai macam game.

Jika permainan yang terdapat pada gadget hanyalah sebatas hiburan kami rasa tidak mengapa, namun jika dijadikan kebiasaan sehari-hari dan hingga lupa waktu maka akan menjadikannya malas.

Dijumpai di dunia nyata, terkadang kita melihat anak-anak yang mestinya bermain dan bergaul dengan sebayanya malah lebih asyik bermain gadget.

Tidak hanya itu, bahkan manakala orang tua mereka memerintahkan untuk belajar malah seolah menyepelekannya dengan alasan nanggung karena sedang bermain game.

Al hasil nilai di sekolah pun menjadi merosot, ditambah boros pengeluaran dan tidak suka menabung, melainkan digunakan untuk membeli koin atau topup game online.

Hal demikian tidak hanya menyasar anak-anak, remaja hingga dewasa pun ada yang seperti itu, banyak waktu orang pada gadget ketimbang beraktivitas di dunia nyata hingga pengeluaran lebih banyak ketimbang pemasukan yang akhirnya mau tidak mau hutang dan bahkan ada yang terjerat Pinjol.

Beda lagi dengan orang yang melek dan memanfaatkan hadirnya teknologi seperti adanya gadget sebagai peluang usaha atau mencari pundi-pundi rupiah, ia menghasilkan darinya dan bukannya pengeluaran membengkak tapi pemasukan yang didapat.

Tetapi jika sudah kecanduan gadget bahkan menimbulkan gangguan penglihatan, maka langkah terbaik adalah pergi ke dokter spesialis mata.

Kemudian jika kondisi penyakit mata yang diderita teramat berat atau didiagnosis mengidap rabun jauh, dekat, dan astigmatisma, maka biasanya oleh dokter ditawarkan lasik mata.

Apa itu Lasik?

LASIK adalah operasi laser yang memiliki nama panjang Laser-Assisted in Situ Keratomileusis. Yakni metode pengobatan dengan menggunakan sinar laser atau mikrokeratoma yang tujuannya untuk memperbaiki bentuk kornea mata.

Sementara itu mengenai biaya Lasik Mata memang tidaklah murah apalagi untuk orang kelas menengah ke bawah. Sebab biayanya mencapai puluhan juta.

Kendati biayanya mahal, namun tingkat keberhasilannya terbilang tinggi dan selain itu minim efek samping.

Namun perlu diketahui juga, bahwa operasi lasik meski dapat memberikan manfaat, akan tetapi tidak semua orang dapat menjalani atau tidak disarankan menjalani operasi ini.

Langkah yang tepat sebelum menjalani Lasik adalah Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata.

Kiranya demikian mengenai penjelasan operasi lasik, semoga bermanfaat.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com