Katasulsel.com, Sidrap – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai pertama yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sidrap, di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap, Senin, 8 Mei 2023.

Sekretaris PKS Sidrap, Ali Hafid mengatakan bahwa PKS memiliki keyakinan tinggi terhadap kualitas dan kapabilitas bakal calon yang diusungnya. “Kami memilih bacaleg dengan cermat dan hati-hati, serta melalui proses yang transparan dan berbasis meritokrasi. Kami yakin para bacaleg kami memiliki integritas, kompetensi, serta semangat untuk mewakili rakyat Sidrap di DPRD,” ujarnya.

Pendaftaran bacaleg PKS ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi persaingan politik di Sidrap. KPU Sidrap sendiri telah menetapkan tanggal 1-14 Mei 2023 sebagai jadwal pendaftaran bacaleg dari partai politik peserta Pemilu 2024. Dengan demikian, Sidrap siap menggelar pemilihan umum legislatif pada 2024 dengan semangat demokrasi yang tinggi.

Setelah PKS menjadi partai pertama yang mendaftarkan bacalegnya untuk DPRD Sidrap di KPU, sejumlah parpol peserta Pemilu 2024 lainnya di Bumi Nene Mallomo dipastikan juga akan mengikuti langkah tersebut.

Ketua Nasdem Sidrap, Samsumarlin mengatakan, partainya baru akan mendaftarkan bacaleg DPRD Sidrap ke KPU Sidrap pada Rabu, 10 Mei 2023.

Ketua KPU Sidrap Syamsuddin Saleng dalam kesempatan berbeda mengimbau agar partai politik peserta Pemilu 2024 lainnya, agar segera mendaftarkan bacaleg secepatnya, mengigat setelah itu akan ada tahapan verifikasi administrasi (Vermin) yang akan dilaksanakan.

Syamsuddin juga menyampaikan bahwa KPU Sidrap telah menyiapkan semua kebutuhan administratif dan teknis untuk pendaftaran bacaleg. “Karena itu, kami berharap semua partai politik dapat memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar,” ujarnya.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com