Katasulsel.com Sidrap – K.H. Drs Syamsu Tang, M.Pd terpilih sebagai Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Sidrap untuk periode 2022-2027. Keputusan ini dihasilkan melalui sesi rapat yang intens melibatkan 13 formatur yang sebelumnya terpilih untuk menentukan pemimpin baru pada Musyawarah Daerah (Musyda) yang digelar di Rappang, Panca Rijang, malam tadi.

Proses penentuan ketua PD Muhammadiyah Sidrap ini, melibatkan 13 formatur yang semuanya layak memimpin organisasi tersebut. Namun, berdasarkan hasil sidang formatur musyawarah mufakat, Syamsu Tang dipilih sebagai Ketua PD Muhammadiyah Sidrap menggantikan Drs H Muhammad Rohady Ramadhan MSi

Sebelum terpilihnya Ketua PD Muhammadiyah Sidrap yang baru, terdapat 32 calon formatur yang memenuhi syarat. Namun, melalui mekanisme yang telah ditetapkan, 32 calon tersebut harus disaring menjadi 13 formatur calon ketua yang dipilih secara online.

Pada tahap tersebut, Syamsu Tang berhasil menonjol dengan meraih dukungan terbanyak sebanyak 128 suara. Diikuti oleh A Kalam Fatah dengan 125 suara, Herman D dengan 115 suara, dan Abd Rahman L dengan 112 suara. Sedangkan Jamaluddin Ahmad mendapatkan 109 suara, Muhammad Rohady Ramadhan 102 suara, dan Ishak Kenre 101 suara.

Muhammad Rais Rahmat memperoleh 88 suara, Sudirman Herman 84 suara, Abdu Azis Kalrah 92 suara, Muhamamd Idrus 91 suara, serta Anwar Ibrahim 90 suara.

Tingginya dukungan Syamsu Tang dalam pemilihan menuju 13 formatur, bukanlah penentu ia langsung terpilih, melainkan berdasarkan hasil sidang formatur musyawarah mupakat oleh ke13 formatur terpilih. Itu sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan

Diketahui, PD Muhammadiyah Sidrap menerapkan sistem kepemimpinan kolektif dan kolegial, di mana pimpinan daerah bekerja secara kolaboratif dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang dihasilkan diharapkan mampu mewakili kepentingan dan aspirasi anggota Muhammadiyah di Kabupaten Sidrap.

Ketua PD Muhammadiyah Sidrap terpilih, Syamsu Tang, menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia berjanji akan melanjutkan kepemimpinan PD Muhammadiyah Sidrap dengan dedikasi dan mengutamakan kepentingan anggota Muhammadiyah serta masyarakat Kabupaten Sidrap.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com