Katasulsel.com – Warga BTN Pamulang, yang berada di Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, digegerkan adanya seekor ular panjangnya hampir 3 meter di saluran air.

Warga melihat ular tersebut keluar dari salah satu rumah kosong dan berinisiatif menghubungi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Parepare, Sulawesi Selatan, untuk mengevakuasi ular yang belakangan diketahui jenis King Cobra.

“Tadi jam 19.30 Wita malam kemarin, kami mendapat laporan lewat aduan masyarakat adanya seekor ular. Setiba di lokasi, ular ini berada di dalam got atau saluran air,” kata Komandan Regu Damkar Parepare, Muhammad Ruslan, Selasa (14/8/2023).

Menurut keterangan yang diterima dari warga, ular itu jenis King Cobra itu sempat memanjat di sebuah pohon pepaya sesaat setelah keluar dari rumah kosong milik warga yang baru saja dibersihkan itu.

“Ini jenis king kobra warna coklat. Dari ukurannya lebih dari 2 meter atau hampir 3 meter,” ujar Ruslan.

Ruslan bilang, pihaknya baru kali ini mengevakuasi ular jenis tersebut. Pihaknya sempat kewalahan saat evakuasi. Damkar Parepare akan berkoordinasi dengan pihak terkait soal penangkapan ular tersebut.

Sekadar diketahui, beberapa faktor munculnya ular ke permukiman adalah musim kawin dan banyak telur menetas. Selain itu, habitat ular mulai berganti, seperti hutan dan perkebunan beralih fungsi menjadi permukiman serta terdesak oleh aktivitas manusia.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com