Katasulsel.com – Kejaksaan Negeri Soppeng menggelar acara Launching Program Satu Adyaksa Menanggung Satu Petani Soppeng “sebagai upaya mendukung instruksi presiden Nomor 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan, bertempat di Bola Sipakainge Soppeng, Halaman Masjid Agung Darussalam Watansoppeng. Rabu malam, 06 September 2023.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kab. Soppeng, Hady Syamsul dalam sambutannya, Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Kajari Soppeng bersama para pegawainya yang telah mendukung program yang digagas oleh pemerintah daerah Kab. Soppeng yaitu Program Sistem Perlindungan Petani Soppeng Maju dan Sejahtera (Sutasoma) yang mana diketahui mayoritas masyarakat Kab. Soppeng adalah petani.

Saya juga ucapkan terima kasih kepada para anggota forkopimda atas dukungannya sehingga program Sutasoma ini sudah di dikenal di Indonesia dan masuk ke dalam 40 besar Inovasi yang dibuat Kab/Kota.

Ini adalah tugas berat bagi saya, dimana belum cukup satu bulan saya menggantikan serta melanjutkan perjuangan Bapak Lucky dalam mensejahterakan masyarakat petani di Kab.Soppeng apalagi sekarang memasuki musim kemarau. Namun demikian, InsyaAllah saya akan berusaha meningkatkan peserta aktif yang ada di Kab. Soppeng dengan melakukan edukasi tentang pentingnya BPJS ketenagakerjaan ini.

Oleh karena itu, besar harapan kami kepada para anggota forkopimda juga mengikuti jejak yang dilakukan Kajari Soppeng bersama pegawai untuk melindungi para petani.

Program Satu Adyaksa Menanggung Satu Petani Soppeng secara resmi dilaunching oleh Kepala Kejaksaan Negeri Soppeng Salahuddin, SH.MH, dan dalam sambutannya, Alasan saya meminta kepada seluruh pegawai kejaksaan untuk mengcover satu petani agar dapat memberikan perlindungan kepada para petani karena saat ini saya tinggal di Soppeng sehingga wajib untuk mendukung semua program pemerintah Daerah melalui program Sutasoma yang telah diakui secara nasional.

Oleh karena itu, saya juga berharap kepada Kapolres Soppeng, Dandim 1423 Soppeng dan Ketua DPRD agar turut mengikutsertakan pegawainya dalam program ini, karena masih banyak petani yang belum tercover jaminan BPJS ketenagakerjaannya. Saya juga berharap kepada Bupati Soppeng agar para ASN juga menanggung 1 petani. Saya yakin Soppeng bisa, karena kita kuat jika kita bersatu.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya, Atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kajari Soppeng atas inisiasi yang dilakukan malam ini dan InsyaAllah kita akan ikut bersama melakukan program 1 ASN, TNI/Polri akan menanggung 1 Petani di Kab. Soppeng.

Ini adalah kegiatan yang mulia sekali karena BPJS Ketenagakerjaan ini sangat membantu masyarakat ketika mendapatkan musibah. Perlu diketahui juga bahwa di Soppeng buruh taninya lebih banyak daripada pemilik lahan. Oleh karena itu, kami sangat antusias memberikan perlindungan kepada para petani Soppeng.

Dengan demikian, saya mengajak kepada kita semua untuk selalu memberikan perhatian dan saling berbagi saudara kita yang petani agar dapat merasakan manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ini.

Kami sangat bersyukur karena didukung oleh orang-orang yang ingin bekerja, karena kami di Soppeng tidak banyak bicara tapi banyak bekerja. Dimana kami biasanya turun langsung ke lapangan karena berhasil tidaknya program ini tergantung dari BPJS Ketenagakerjaan dan kerjasama dari kita semua.

Saya yakin Bapak Hady Syamsul selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan yang baru mempunyai kemampuan untuk melanjutkan program ini, terlebih saya mendapat informasi bahwa Program Sutasoma akan menjadi percontohan secara nasional. Oleh karena itu, mari kita mempertahankan apa yang telah kita lakukan bersama, kalau bisa agar dapat terus ditingkatkan seperti yang telah dilakukan oleh Kajari Soppeng yang telah memberikan semangat baru dan memotivasi orang lain untuk melakukan kebaikan sehingga dibutuhkan komunikasi dan koordinasi, jika ada masalah mari diskusikan bersama dan melibatkan semua pihak baik Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mendukung program ini agar dapat terus berjalan.

Olehnya itu, maru kita bersama-sama memberikan hal yang terbaik dalam pengabdian bangsa dan negara khususnya para petani yang ada di Kab. Soppeng.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com