Katasulsel.com, Enrekang – Kabar tentang rencana kepindahan Muslimin Bando, seorang tokoh politik terkemuka di Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel), dari partai Golkar ke PAN, telah menjadi topik hangat di daerah itu. Namun, yang lebih mengejutkan adalah respons solid dari warga Enrekang yang sepakat untuk tetap mendukung MB-akronim Bupati Enrekang dua periode itu, tak peduli ke partai manapun dia akan bergabung.

Rencana perpindahan MB ke PAN, yang diyakini memiliki hubungan erat dengan peluang putranya, Mitra Fakhruddin yang siap maju di Pilkada Enrekang mendatang, telah menciptakan gelombang diskusi di daerah tersebut. Banyak yang berpendapat bahwa MB harus segera mengisi pencalegan di PAN untuk mendukung putranya. Jika tidak, Mitra bisa terancam Pergantian Antar Waktu (PAW) oleh PAN selaku Anggota DPR RI.

Seorang warga asal Maiwa, yang ditemui di pinggir pasar tradisional, Baharuddin, menyampaikan pandangannya tentang situasi ini.

“MB adalah sosok yang telah terlanjur melekat di hati kami warga Maiwa Enrekang. Jadi, bagi kami tidak masalah kemana pun MB akan berlabuh, mau tetap di Golkar ataukah pindah ke PAN lagi, kami tetap siap mendukungnya. Mengapa, sebab kami yakin beliau akan terus berjuang untuk kebaikan Enrekang,” ujar Baharuddin, Jumat, 15 September 2023

Sikap Baharuddin tercermin dari pandangan banyak warga Enrekang yang merasa bahwa MB adalah pemimpin yang sudah terbukti memperjuangkan kepentingan daerah ini. Kepedulian dan dedikasinya terhadap masyarakat kabupaten ini telah membawa dampak positif yang besar. Jadi, partai bukanlah ukuran satu-satunya untuk MB

Disebutnya pula, pindah partai bukanlah hal baru dalam dunia politik, namun, dalam kasus MB, sikap tegas warga Enrekang untuk terus mendukungnya menunjukkan betapa kuatnya ikatan emosional antara pemimpin mereka dan masyarakatnya. Hal ini juga menggambarkan rasa hormat dan kepercayaan yang telah dibangun oleh MB selama bertahun-tahun.

Dalam waktu dekat, akan menjadi tontonan menarik untuk melihat bagaimana MB akan melanjutkan perjuangannya di PAN dan bagaimana dukungan warga Enrekang akan berlanjut, tetap teguh, terlepas dari partai mana dia bergabung. Satu hal yang pasti, kabupaten ini telah menyaksikan betapa kuatnya hubungan antara pemimpin dan rakyatnya, yang tak tergoyahkan oleh perubahan partai politik.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com