Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, mengalami transformasi luar biasa berkat Tim Satgas TMMD ke-118 Kodim 1420/Sidrap. Boleh dikata, Kalempang ini dulunya desa ‘mati’, kini sudah berubah drastis bak ‘kilauan emas’ bagi kehidupan warga.

Penulis: Edy Basri
Kalempang, Sidrap, Sulawesi Selatan 

Di TENGAH kicauan burung dan gemericik air sungai yang mengalir di Desa Kalempang, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, sebuah perubahan besar tengah terjadi. TMMD ke-118 Kodim 1420/Sidrap telah membawa angin segar bagi desa ini, mengubahnya menjadi desa yang penuh semangat dan harapan.

Sebagai seseorang yang selalu tertarik dengan kisah-kisah keberhasilan, saya penasaran untuk menyaksikan sendiri perubahan yang telah dibawa oleh TMMD ke-118 ini. Dan, bak Dahlan Iskan, seorang jurnalis kondang yang selalu mengejar cerita-cerita inspiratif, saya pun memutuskan untuk mengunjungi Desa Kalempang.

Perjalanan saya mulai dari Pangkajene, ibu kota Sidrap menuju ke lokasi TMMD ke-118 dengan menunggangi sepeda motor trail milik Kodim 1420/Sidrap. Sepeda motor ini saya pinjam pakai dari Dandim 1420/Sidrap, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M. I. Pol, SE., M.I.Pol yang juga selaku Dan Satgas TMMD ke-118 di Desa Kalempang.

Kurang lebih 50 menit saya menempuhnya. Kebetulan, tidak ada antrean seperti di kota-kota besar. Setelah menikmati perjalanan melewati akses jalan mulus, saya akhirnya berhasil tiba di ibu kota kecamatan.

Warga disana menyebut Kecamatan Pitu Riawa. Tapi, perjalanan saya belum finish. Saya masih harus melanjutkan menuju ke Desa Kalempang, kata warga jaraknya sekira 69 kilometer lagi, dengan waktu tempuh kurang lebih 2-3 jam berkendara.

Di bawah kepemimpinan Dan Satgas TMMD, Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, SE., M. I. Pol, SE., M.I.Pol, rupanya desa ini telah mengalami transformasi yang luar biasa. Sangat kontras dengan cerita-cerita rekan saya yang pernah kesana sebelum kegiatan TMMD dilakukan. Jalan-jalan baru telah mulai dibangun, menghubungkan wilayah yang sebelumnya terisolasi dan memudahkan akses transportasi bagi warga desa.

Sepertinya, desa ini, kini penuh dengan secercah semangat dan harapan, dengan jalan-jalan baru, akses pendidikan yang lebih baik, dan semangat gotong royong yang menginspirasi. Warga Desa Kalempang berbagi cerita tentang bagaimana program ini telah mengubah hidup mereka, dan mereka optimis tentang masa depan yang lebih cerah.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com