KATASULSEL.COM, ENREKANG — Pelaksanaan agenda nasional yakni Pemilu 2024 sudah semakin dekat. Tahapan demi tahapan telah dilalui dengan aman, tanpa ada gejolak. Begitu juga situasi di wilayah Kabupaten enrekang dan sekitarnya. Secara umum, situasi aman dan terkendali.

Kendati demikian, menjelang pelaksanaan pemilihan presiden dan legislatif, Kodim 1419/Enrekang tetap bersiap dengan melaksanakan latihan penanggulangan huru-hara (PHH) gabungan dengan Satuan Polisi pamog praja (Satpol PP) yang dilaksanakan di lapangan Upacara Makodim 1419/Enrekang, Selasa (31/10/2023).

Dandim 1419/Enrekang Letkol Inf Augustiar Adinegoro menegaskan, latihan digelar untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personil dalam menangani konflik sosial, mencegah dan mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan serta ketertiban.

“Terlebih menjelang, saat dan setelah pemilu. Agenda nasional yang sangat vital tersebut harus diamankan. Kita cegah dan atasi pihak-pihak yang melakukan aksi yang dapat menciderai demokrasi dan konstitusi,” tandasnya.

Dandim menambahkan, kegiatan latihan PHH merupakan salah satu tugas TNI membantu Polri khususnya ketika menghadapi gejolak sosial yang mengarah aksi huru-hara dengan eskalasi tinggi. Jelasnya

Kegiatan latihan PHH itu diikuti personel Kodim 1419/Enrekang dan Satpol PP Kab. Enrekang yang dilaksanakan di lapangan halaman Makodim.

Dalam latihan tersebut, diskenariokan, telah terjadi huru-hara dan unjuk rasa anarkhis oleh sekelompok massa yang tidak puas dengan hasil pileg dan pilpres. Para peserta latihan berhasil mengatasi gejolak tersebut, dengan berpedoman pada SOP yang ditentukan.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com