Katasulsel.com, Makassar — Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah (ITKesMu) Sidrap, kembali mencetak sejarah dengan melaksanakan acara wisuda ke-17 pada Sabtu, 25 November 2023. Diadakan di Hotel Dalton Makassar, wisuda sebanyak 412 alumni ini telah dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di Sulawesi Selatan, termasuk Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Dr H. Ambo Asse, M.Ag.

Tidak hanya meraih kesuksesan dalam menyelenggarakan acara wisuda, ITKesMu Sidrap juga berhasil meraih prestasi luar biasa dalam hal akreditasi. Terbukti dari seluruh program studi yang ada di ITKesMu Sidrap telah terakreditasi LAM PT-Kes, dengan kategori Unggul, Baik Sekali, dan Baik.

Rektor ITKesMu Sidrap, Dr Muhammad Tahir, SKM, MKes menyampaikan laporan pendidikan pada acara wisuda tersebut. Tercatat bahwa saat ini ITKesMu Sidrap memiliki 2 fakultas dan 10 program studi dengan jumlah mahasiswa sebanyak 2.174, yang terus meningkat setiap tahunnya. Peningkatan mutu pengelolaan pendidikan, seperti sarana dan prasarana, serta kualitas SDM dosen dan tendik, termasuk kegiatan penelitian dan pengabdian Kepada masyarakat, juga menjadi fokus utama yang sedang dilakukan oleh ITKesMu Sidrap.

Dalam sambutannya, Prof Ambo Asse mengapresiasi keberhasilan para wisudawan dan para pendidik dalam mendidik serta menyongsong masa depan. Ia juga menyarankan agar para wisudawan segera mengikuti jejak para alumninya yang telah bekerja, baik dalam maupun luar negeri.

Melihat animo masyarakat yang semakin meningkat pada ITKesMu Sidrap, target ITKesMu Sidrap pada tahun akademik 2024/2025 adalah bisa mencapai lebih dari 3.000 mahasiswa. Wisuda ke-17 ITKesMu Sidrap sukses membuktikan komitmen ITKesMu Sidrap dalam terus meningkatkan mutu berkelanjutan, mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas dan dapat mengabdi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pelaksanaan pendidikan di ITKesMu Sidrap dilakukan dengan baik dan mencakup berbagai macam bentuk perkuliahan secara Blanded Learning. Selain itu, program studi juga mengadakan kuliah praktik di laboratorium, praktik klinik di rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, magang industry obat farmasi, dan magang industry obat tradisional.

Untuk peningkatan kualitas SDM dosen dan tendik, ITKesMu Sidrap terus melakukan upaya peningkatan kualitas baik melalui Pendidikan formal maupun non-formal, magang dosen, conference nasional dan internasional, dan pelatihan peningkatan kompetensi. Saat ini, jumlah dosen di ITKesMu Sidrap mencapai 82 orang, dengan 7 dosen diantaranya bergelar doktor, 2 dosen tengah dalam proses penyelesaian Pendidikan doktor, dan tahun ini ada 6 dosen yang telah lulus lanjut doctor dan 3 dosen lulus lanjut spesialis 2.

Tidak hanya unggul dalam hal pengelolaan dan pendidikan, tetapi ITKesMu Sidrap juga fokus pada pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui berbagai kegiatan seperti Pengkaderan Darul Arqam Dasar, Baitul Arqam Dasar, Gerakan Sholat Subuh Berjemah, Gerakan Webiner Subuh, Pengajian subuh, Pembelajaran tajwid, KUPAS BAIK PUTUSAN TARJIH Muhammadiyah setiap setelah sholat Dhuhur dan Ashar, serta penugasan ceramah bagi dosen, tendik, dan mahasiswa di beberapa masjid Muhammadiyah selama bulan Ramadhan.

Rektor Dr Muhammad Tahir, juga menekankan bahwa ITKesMu Sidrap sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah turut menerapkan Caturdarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian Kepada masyarakat serta pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Pada akhir sambutannya, rektor ITKesMu Sidrap mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan dan seluruh keluarga. Ia juga mengingatkan kepada para alumni bahwa keberhasilan mereka tidak terlepas dari perjuangan panjang orang tua mereka, guru, dan dosen. Kepada para alumni, rektor ITKesMu Sidrap berpesan agar tetap menjaga nama baik almamater ITKesMU Sidrap dan Persyarikat Muhammadiyah, serta bertekad untuk menjadi kader-kader terbaik masa depan.

ITKesMu Sidrap berhasil meraih prestasi luar biasa di bidang akreditasi dan wisuda ke-17 sukses dilaksanakan dengan baik. Semoga ITKesMu Sidrap dapat terus berkembang dan mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas dan dapat mengabdikan diri dengan baik. Jayalah ITKesMu Sidrap! (edy)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com