Katasulsel.com, Makassar — Kabupaten Barru berduka atas meninggalnya salah satu tokoh perempuan terkemuka di daerah tersebut, drg Hj Hasnah Syam. Istri Bupati Barru ini menghembuskan nafas terakhirnya di Sunway Hospital Kuala Lumpur, Malaysia pada Rabu (20/12/2023) pukul 02.58 WITA.

Hj Hasnah Syam merupakan Anggota DPR RI Komisi 9 Fraksi Nasdem dan sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Barru. Berita meninggalnya Hj Hasnah Syam diungkap oleh Kepala Bidang Humas Diskominfo-SP Kabupaten Barru, Andi Maya Novitasari kepada wartawan. Saat ini, masih dalam proses pengurusan penerbangan jenazah dari Malaysia dan diharapkan dapat disemayamkan di Rumah Jabatan Bupati Barru.

Sebelum terjun ke dunia politik, Hj Hasnah Syam adalah seorang dokter gigi yang aktif di dunia kesehatan masyarakat. Berprofesi sebagai dokter gigi dan istri Bupati Barru, membuat Hj Hasnah Syam aktif berinteraksi dengan masyarakat Barru. Hal ini juga yang mengantarkannya menuju Senayan, di mana dia berhasil duduk sebagai anggota DPR RI pada periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Sulsel 2 (Bone, Soppeng, Wajo, Bulukumba, Sinjai, Maros, Pangkep, Barru, Parepare).

Selain itu, Hj Hasnah Syam juga aktif di berbagai organisasi, seperti Anggota Gappempar Kabupaten Barru, Ketua Dharma Wanita PU Kabupaten Maros, Ketua Dharma Wanita PU Kabupaten Pinrang, Wakil Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Pembina Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ketua Dharma Wanita Bappeda Kabupaten Pinrang, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barru, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Dokter Gigi FKG Universitas Hasanuddin, dan lain-lain.

Dengan meninggalnya Hj Hasnah Syam, Kabupaten Barru kehilangan salah satu tokoh perempuan yang berdedikasi tinggi untuk masyarakat dan daerahnya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini. Innalillahi wainna ilaihi rojioun. (edy)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com