Katasulsel.com – Ws. Danramil 1420-05/Dua Pitue Letda Inf Murjalil beserta seluruh jajarannya bekerja sama dengan Forkopincam Pitu Riawa dan Aparat Pemerintah Desa Dongi serta warga sekitar menggelar kegiatan karya bakti penanaman 100 bibit pohon guna penghijauan lingkungan dan antisipasi bencana banjir, di Desa Dongi Kec. Pitu Riawa Kab. Sidap, Selasa (20/02/2024).

Penghijauan merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara nyata dan berkala untuk menangani krisis lingkungan serta untuk memulihkan, memelihara dan meningkatkan kondisi lahan agar dapat berfungsi dengan baik.

Ws. Danramil 1420-05/Dua Pitue Letda Inf Murjalil saat ditemui mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu agenda kegiatan karya bakti terutama di lahan-lahan kritis yang berpotensi terjadi bencana, selain itu kegiatan penanaman pohon ini juga sekaligus bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan guna mencegah terjadinya bencana akibat ketidakpedulian terhadap lingkungan sekitar.

Ditempat terpisah Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Andika Ari Prihantoro, S.E., M.I.Pol. mengatakan, kegiatan karya bakti ini merupakan program Kasad dan program ini ada beberapa macam antara lain program pembersihan sungai, selokan dan program penanaman pohon,” ujarnya.

kegiatan penanaman pohon ini merupakan upaya nyata dari Kodim 1420/Sidrap dalam mendukung pelestarian lingkungan dan peningkatan kualitas ekosistem. Penanaman pohon ini, memiliki manfaat penting dalam menjaga keseimbangan alam, melestarikan keanekaragaman hayati, memberikan kontribusi dalam menjaga kualitas udara dan tanah serta menghijaukan dan mengembalikan kembali negara Indonesia ini sebagai negara tropis.

Keterlibatan Kodim 1420/Sidrap dalam kegiatan penanaman pohon ini, memberi contoh positif bagi warga masyarakat sekitar untuk peduli terhadap lingkungan dan melakukan tindakan nyata dalam melestarikan alam.

Lebih lanjut, Dandim berharap, masyarakat lebih peduli lagi dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Dengan menanam berbagai jenis pohon kita dapat merasakan manfaat yang sangat luar biasa, selain itu dapat menjadi penyanggah ekonomi masyarakat itu sendiri dan bagi generasi berikutnya”, pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com