Pembukaan Festival Apang Kampoeng Kamara Jilid V di Masjid Babul Falah

Katasulsel.com,— BARRU,Bupati Barru, Ir H Suardi Saleh, M.Si melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Babul Falah Kamara. Setelah itu dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi Festival Kampoeng Kamara Jilid V, Kamis (6/4/2023) malam


Turut hadir Ketua Pengadilan Negeri Barru dalam hal ini diwakili, Pimpinan BSI Cabang Barru, Pimpinan OPD, Camat Barru, Kapolsek Barru, Lurah Tuwung dan para Lurah / Kades Se Kec. Barru, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Masyarakat sekitar serta para undangan lainnya.

Sambutan Bupati Barru Suardi Saleh mengatakan “Saya membayangkan seandainya semua masjid di Kabupaten Barru yang berjumlah 334 seperti di Masjid Babul Falah kamara, maka persoalan kemasyarakatan akan terselesaikan. Persoalannya adalah karena remaja masjid kurang diberikan ruang oleh pengurus masjid untuk berkreasi, menuangkan gagasan dan idenya.” Kata bupati dua periode ini.

Pada kesempatan tersebut, Suardi Saleh mengajak Baznas dan Kurir Langit untuk melakukan pelatihan manajemen masjid seperti yang dilakukan oleh Masjid Babul Falah Kamara.

“Saya mengucapkan terima kasih pengurus Masjid Babul Falah Kamara yang telah memberikan ruang seluas luasnya kepada remaja masjidnya untuk bekreasiasi dan membuat kegiatan seperti ini,” ucapnya

Bupati Barru menceritakan bahwa di Seragen ada masjid yang menginisasi masyarakat untuk memakmurkan masjid salah satunya hadiah umrah,, lalu banyak yang kritik jangan jangan niat jamaah untuk shalat subuh hanya karena untuk umrahnya,, namun pihak pengurus masjid mengatakan saya tidak mengurus niatnya jamaah yang saya urus bagaimana jamaah rajin kemasjid bagaimana agar hatinya ke masjid. Tuturnya

Lanjut dikatakan Suardi Saleh, bahwa seperti di Masjid Babul Falah yang menyajikan Kue Apang bagi Jamaah masjidnya untuk memotivasi masyarakat untuk ke masjid, bergembira datang kemasjid dan tentu saja ini dikembangkan untuk memakmurkan masjid.

Mari kita intropeksi karena sekarang kita sudah dipertengahan Bulan Suci Ramadhan, optimalkan ibadah kita disisa ramadhan dengan memperbanyak amalan jariah. Ajaknya Suardi Saleh.

“Apang berasal dari Kata Arab yaitu Affan yang bermakna “Ampunan” dan dibuat sedemikian rupa sehingga mengembang, semoga amal ibadah, pahala kita mengembang di bulan ramadhan ini, dosa dosa kita diampuni,, karena celakalah orang orang dibulan ramadhan yang dosanya tidak diampuni. Jelas Suardi melalui ceritanya asal mula pengertian kata Apang

Dalam kunjungan ini, Bupati Barru Suardi Saleh mengapresiasi Pemuda Kamara dan Remaja Masjidnya yang konsisten setiap tahun menggelar festival ini  meskipun diera Covid tetap dilaksanakan. Saya berharap kedepan kegiatan Festival Apang ini bisa dikembangkan bisa menjadi Festival tingkat Kabupaten, jika perlu menyediakan 500 ribu apang.

Bupati Barru berharap kegiatan seperti ini selain menjadi ajang silaturahmi dapat repliasikan di masjid masjid lainnya di Kabupaten Barru. Dengan kebersamaan ini, Suardi Saleh menyapa dan mempersilahkan para Jamaah ” Selamat makan apang insha Allah kita ketemu di jilid VI, sekaligus membuka Secara Resmi Festival Kamara Kampoeng Apang Jilid V,” ucapnya. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 6 s/d 10 April 2023, (br)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com