Pemakaman di Sidrap Ramai Dikunjungi Peziarah

Katasulsel com,Sidrap — Sejumlah pemakaman di Kabupaten Sidrap masih ramai dikunjungi peziarah di hari kedua lebaran, Minggu (23/04/2023)

Salah satunya yang masih dipadati warga yakni di Pemakaman Umum Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe. Kondisi tidak jauh berbeda di hari pertama lebaran.

Pemakaman yang terletak di dibagian utara Amparita, atau tepatnya di Kelurahan Arateng itu, mulai dipadati warga pagi hingga sore menjelang Magrib.

Masyarakat datang silih berganti ke makam leluhurnya. Mereka membawa sanak keluarga untuk berziarah kubur, berdoa, dan membaca surat yasin.

Sejumlah peziarah mengaku senang bisa menziarahi makam-makam leluhurnya. Mereka juga mengaku mendapat kesan bagus saat berkunjung ke makam tersebut.

“Selain bersih, kondisi makam disini juga sudah sangat berubah. Dulu itu di sekitar makam ini sangat gelap saat malam, namun sekarang sudah terang benderang,” ujar Rena, salah seorang pengunjung

Menurut Rena, dirinya dan keluarga sudah rutin datang berziarah ke makam itu setiap tahun usai lebaran.

“Bisanya begitu kalau bukan habis idulfitri ya iduladha kami semua kesini, ” tuturnya

Lebaran merupakan hari kemenangan bagi umat islam yang telah menjalankan puasa selama satu bulan penuh maka dari itu lebaran juga menjadi momentum untuk memperkuat tali silaturahim dan berziarah kemakan keluarga yang sudah tidak ada.

“Sudah berziarah dan berdo’a biasanya kami membersihkan makam dari kotoran tanah dan mengecek kondisi makam,” Katanya.(*)

Dapatkan berita terbaru di Katasulsel.com